Percepat Proses, Pansus Kunjungi Lokasi Pelepasan HP 0001

Percepat Proses, Pansus Kunjungi Lokasi Pelepasan HP 0001

HUMAS DPRD KOTA SURAKARTA – Panitia Khusus Pelepasan Hak Pakai nomor 16 atau yang sekarang menjadi HP 0001 Kelurahan Mojo meninjau lokasi permukiman warga yang menempati Tanah HP 0001. Pada kesempatan ini, Pansus dipimpin langsung oleh Suharsono, SH, MH dan diikuti oleh semua anggota Pansus. Dalam kesempatan kali ini Pansus juga didampingi oleh POKJA Penataan HP 16 dan perwakilan dari Dinas Permukiman Kota Surakarta, Camat dan Lurah setempat. Rabu (14/10/2020)

 

Sidak kali ini, dimaksudkan untuk melihat kondisi Riil Tanah yang akan dilepas dari HP 16/ HP 0001 oleh Pemerintah Kota Surakarta.

IMG_3402

Ketua dan Anggota Pansus meninjau seluruh wilayah HP 0001 dan menyimpulkan bahwa pelepasan hak pakai ini memang layak dan Pansus akan mempercepat prosesnya.

 

“Ternyata tanah-tanah ini memang sudah dihuni padat oleh masyarakat, sudah puluhan tahun, dan kondisinya memang tidak layak, sehingga bagi kami Pansus merupakan catatan untuk mempercepat proses pelepasan, untuk ditata”, ujar Suharsono

 

Lokasi dengan luas sekitar 5hektar dan dihuni oleh 463 Rumah dan selanjutnya akan ditata untuk 569 hunian. Diperkirakan hunian yang akan dibangun setelah pelepasan adalah tipe 36 atau sekitar 40m2 , dan selanjutnya penataan akan sepenuhnya dilakukan oleh Pemerintah Kota Surakarta.

 

Ditemui secara terpisah, perwakilan dari POKJA Penataan HP 16, Sarjoko menuturkan bahwa pelepasan Hak pakai ini merupakan impian dari seluruh warga yang sudah menghuni pemukiman tersebut sejak puluhan tahun.

 

“Pada saat itu, kami cap sebagai penghuni liar, penghuni kumuh, dan dengan adanya kebijakan untuk mendapatkan sertifikat ini kami sangat menyambut gembira dan terima kasih kepada pemerintah Kota Surakarta”, tutur Sarjoko

IMG_3410

Beliau juga menambahkan

 

“Dengan adanya kunjungan Pansus ini, bapak ibu legowo untuk memberikan bantuan dukungan kepada masyarkat kami dengan membantu program Penataan HP 16 ini”, imbuhnya

 

Selanjutnya proses pelepasan HP 16/HP 0001 akan melalui pembahasan di ranah Pansus dan selanjutnya akan dilakukan penataan selama 1-2 Tahun. Mekanisme yang dipakai adalah satu rumah satu KK untuk semua warga HP 16/ HP 0001.

Alfian Taufiq*

Related posts

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *