Saturday , 20 April 2024

Audiensi PHRI Kota Surakarta dengan Komisi IV Bahas Pengajuan Dana Hibah dan Promosi Pariwisata

Audiensi PHRI Kota Surakarta dengan Komisi IV Bahas Pengajuan Dana Hibah dan Promosi Pariwisata

Audiensi PHRI Kota Surakarta dengan Komisi IV Bahas Pengajuan Dana Hibah dan Promosi Pariwisata

Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Surakarta melakukan audiensi dengan Komisi IV DPRD Kota Surakarta hari ini, Selasa (30/01/2024) di Ruang Kepanitiaan DPRD Kota Surakarta. Pertemuan ini dilakukan guna membahas pengajuan dana hibah dan strategi promosi pariwisata di kota ini.

Selain pembahasan tersebut, Wening Damayanti, Humas PHRI menjelaskan bahwa saat ini merupakan era kepengurusan baru yang sudah berjalan 6 Bulan. PHRI Surakarta sendiri memiliki 172 Anggota terdiri dari stakeholder pariwisata, sekolah pariwisata, hotel, maupun restoran.

“Kedatangan kami pertama memperkenalkan kepengurusan baru, yang telah dilantik enam bulan yang lalu dan telah merumuskan program lima tahun ke depan,” jelasnya.

Ketua Komisi IV DPRD Kota Surakarta, Janjang Sumaryono Aji, menyampaikan bahwa pertemuan ini merupakan langkah awal dalam meningkatkan kerja sama antara Pemerintah Kota dan pelaku industri pariwisata. “Kami ingin mendengar langsung aspirasi dan kebutuhan dari PHRI sebagai mitra penting dalam mengembangkan sektor pariwisata di Kota Surakarta,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua PHRI Kota Surakarta, M. Noeryoto, menyambut baik inisiatif dari Komisi IV DPRD. Ia menjelaskan bahwa industri hotel dan restoran di kota ini telah memberikan sumbangsih yang signifikan melalui setoran pajak terbesar di Kota Solo. Oleh karena itu, pihaknya berharap adanya dukungan dana hibah dari Pemerintah Kota untuk membantu peningkatan program PHRI kedepannya.

“Kami berharap ada dukungan lebih lanjut, baik dari segi regulasi maupun dukungan keuangan, guna meningkatkan industri pariwisata di Surakarta. Peningkatan promosi pariwisata juga menjadi kunci utama dalam menarik wisatawan dan mendukung pendapatan asli daerah,” ungkapnya.

Dalam pertemuan tersebut, pihak PHRI juga menyampaikan rencana strategis promosi pariwisata yang lebih intensif, termasuk kolaborasi dengan pemerintah kota dalam mengembangkan berbagai acara dan program menarik. Komisi IV DPRD menanggapi positif rencana tersebut dan menyatakan kesiapannya untuk bersinergi dalam mengakselerasi pertumbuhan sektor pariwisata.

Legislator PDI Perjuangan sekaligus Ketua Komisi IV, Janjang menutup pertemuan dengan menegaskan komitmen Komisi IV DPRD untuk mendukung upaya peningkatan sektor pariwisata dan akan mensupport pengajuan dana hibah dalam pembahasan anggaran. “Kami berharap kerja sama ini dapat menciptakan sinergi positif antara pemerintah dan pelaku industri pariwisata demi meningkatkan daya tarik Kota Surakarta sebagai destinasi wisata unggulan,” tutupnya.

Arifin Rochman

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *