HUMAS DPRD KOTA SURAKARTA – Komisi IV DPRD Kota Surakarta melakukan Inspeksi mendadak (Sidak) ke lokasi pembangunan SD Mojo, di Kelurahan Mojo, Kecamatan Pasar Kliwon, Jumat (27/1/2023)

Dipimpin langsung Ketua Komisi IV, Janjang Sumaryono Aji, para Legislator ini meninjau lokasi pembangunan SD yang merupakan proyek terdampak dari perubahan fungsi gedung SD Mojo, yang akan dirubah menjadi SMA di Kecamatan pasar Kliwon.

Kepala Bidang Pendidikan Sekolah Dasar, Dinas Pendidikan Kota Surakarta, Tarno, mengatakan lokasi SD Mojo bakal digunakan untuk pembangunan SMAN 9 Surakarta. Sedangkan, gedung SD Mojo akan dipindahkan le lokasi lain.

“SD Mojo akan digunakan untuk pembangunan SMAN 9,”kata Tarno saat ditemui di Lokasi Pembangunan SD Mojo

Sementara itu, Janjang Sumaryono Aji menjelaskan, Komisi IV sidak ke lokasi SD itu untuk memastikan persiapan pembangunan SD Mojo yang berada persis di depan RSUD Bung Karno.

“Komisi IV kesini dalam rangka melihat kesesuaian opsi desain dengan kondisi di Lapangan,”ujarnya.

Pasalnya kata Janjang, pembangunan SD Mojo ini masih debatable terkait desain bangunannya apakah berbentuk O atau U.

 

“DED yang sudah ada sekarang berbentuk U, disini kami juga melihat ini yang menarik ya bentuknya U,”

ungkapnya.

Desain tersebut kata Janjang dirasa relevan dikarenakan masih tersedianya lahan terbuka untuk kegiatan lain, walaupun memang akan memangkas fungsi aula yang akan ada di Desain berbentuk O.

“Nanti untuk giat olahraga atau upacara anak SD ini, kalau bentuknya O juga repot, karena ruangannya terbatas, jadi mau tidak mau harus berbentuk U,”tandas Politisi PDIP itu.

Terkait dengan permasalahan aula, Janjang menjelaskan akan ada dua ruangan kelas alternatif yang akan diberikan sekat atau Connecting agar bisa digunakan sebagai aula ketika dibutuhkan.

Pembangunan SD Mojo ini diperkirakan akan menyedot anggaran Rp7 Miliar dengan alokasi DAU Fisik Tahun 2023.

Alfian Taufiq