Sidak Taman Cerdas Gilingan, Komisi I DPRD Surakarta Soroti Fisik Bangunan

Sidak Taman Cerdas Gilingan, Komisi I DPRD Surakarta Soroti Fisik Bangunan

HUMAS DPRD KOTASURAKARTA – Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Surakarta melakukan Inspeksi mendadak (Sidak) sejumlah Fasilitas Publik yang dibangun Pemerintah Kota Surakarta Tahun 2020, Rabu (7/10).

 

Sidak yang dipimpin Ketua Komisi I, Suharsono SH MH itu diawali dari Taman Cerdas Kelurahan Gilingan Kecamatan Banjar Sari. Setelahnya ke Mal Pelayanan Publik (MPP) Surakarta dan berakhir di Taman Cerdas Kelurahan Joyotakan Kecamatan Serengan.

IMG_2464

Di Taman Cerdas Gilingan, Komisi I menyoroti beberapa fisik bangunan yang belum memenuhi unsur kenyamanan. Misalnya halaman penghubung lantai yang menurun dan dibatasi drainase tapi tidak diberi besi gril sebagai pengaman, padahal itu area bermain anak sehingga sangat berbahaya.

 

Tidak hanya itu, Komisi yang menangani urusan Pemerintahan itu juga menyoroti tiang Pendopo yang tidak difinishing dengan baik sehingga nampak kasar.

 

Selain itu, area drainase di taman yang menelan anggaran Rp1,9 miliar itu hanya dibuat satu jalur sehingga berpotensi menyebabkan banjir. Lantai pavingnya juga tidak rata dan bergelombang. Alasan pihak pelaksana struktur tanah di lokasi itu sewaktu diuruk masih bergerak “Kami tidak mau tahu. Seharusnya itu bagian yang harus dikalkulasi,”tegas Politisi PDIP itu.

IMG_2494

Yoga, mewakili CV Dananjaya Pelaksana pembangunan Taman Cerdas Gilingan mengaku, akan menyempurnakan beberapa item yang menjadi sorotan Komisi I itu. Salah satu item yang akan segera mereka benahi adalah halaman penghubung lantai di bagian belakang pendopo yang cukup membahayakan keselamatan anak saat bermain “Itu akan segera kami benahi,”kata Yoga ditemui disela sela sidak

 

Pihak pelaksana pembangunan Taman Cerdas Gilingan masih memiliki waktu 6 bulan masa pemiliharaan sejak kontrak berakhir 4 Oktober 2020.

IMG_2505

Lurah Gilingan Joko Partono mengatakan, meski belum diresmikan, taman cerdas di wilayah yang dihuni sekitar 21 ribu jiwa itu telah dimanfaatkan menggelar beberapa hajatan, seperti pertunjukan kesenian rakyat.

 

Dijadwalkan, taman ramah anak itu akan diresmikan langsung Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo pertengahan Oktober mendatang “Sesuai Jadwal peresmiannya kalau bukan tanggal 16, 23 Oktober. Nanti Pak Walikota yang akan meresmikan,”kata Joko Partono

Komisi I yang ikut melakukan Sidak diantaranya, Ginda Ferachtriawan SE MSi, Elyzabeth Pudjiningati, Suyatno dan Yulianto Indratmoko dari PDIP serta Yudha Sindu Riyanto SH dari Gerindra. *

 

Jeprin S Paudi

Related posts

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *