Selasa , 18 Februari 2020

Sidak Komisi IV DPRD Kota Surakarta ke Panti Wreda Dharma Bhakti Surakarta

Sidak Komisi IV DPRD Kota Surakarta ke Panti Wreda Dharma Bhakti Surakarta

Humas- Komisi IV DPRD Surakarta melakukan Sidak pada Panti Wreda Dharma Bhakti Pajang Surakarta. Pada sidaknya kali ini, komisi IV dipimpin langsung Ketua Komisi IV DPRD Solo, Putut Gunawan.

 

Berdasarkan hasil sidak, ditemukan beberapa kondisi gedung yang telah tua dan harus diperbaiki untuk kenyamanan warga penghuni panti.

 

“Beberapa atap bangunan bocor, sejumlah ruang kurang ventilasi, dan beberapa dinding retak. Memang harus segera diperbaiki, untuk itu kami akan melakukan koordinasi dengan Pemkot (pemerintah kota) Solo guna menyelesaikan persoalan yang ada di dalam panti,” jelas Putut Gunawan.

 

Walaupun, setelah berkeliling melihat kondisi gedung, bangunan yang dihuni 75 warga lanjut usia (Lansia) itu sebenarnya secara keseluruhan lumayan bagus dan bersih. Hanya saja ada beberapa sisi bangunan yang memang sudak tidak layak karena sudah terlalu tua.

 

Sementara itu, Kepala Bidang Rehabilitasi dan Jaminan Sosial Dinas Sosial, Evi Mahanani Avianto membenarkan terkait kondisi bangunan panti wreda yang telah menua.

 

“Panti itu dibangun tahun 1977 dan memang belum ada pembangunan ulang sampai saat ini. Paling hanya renovasi. Kalau ada catatan dari dewan soal atap bocor ya harus segera diganti,” katanya

 

Kendati demikian, Putut Gunawan menekankan salah satu hal mendesak diselesaikan segera, yakni kondisi bangunan sudah tua dan tidak layak, kemudian minimnya sarana mobilitas penghuni panti berupa kursi roda.

 

Terkait kursi roda, dikatakan Putut, pihaknya akan segera menyelesaikan dengan mencari pos anggaran di APBD Perubahan 2020.

 

“Saya yakin tahun ini pengadaan kursi roda baru untuk warga panti akan segera terealisasi. Karena kita tadi melihat banyak kursi roda yang sudah tidak bisa dipakai, ditumpuk begitu saja. Padahal kebutuhannya mendesak. Nanti kita langsung bahas dengan OPD (organisasi perangkat daerah),” pungkasnya. (ata)

Related posts

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *