Sidak Komisi IV DPRD Kota Surakarta

Sidak Komisi IV DPRD Kota Surakarta

HUMAS DPRD – Komisi IV DPRD Kota Surakarta melakukan Sidak memantau jalannya Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk tingkat SMP di Kota Surakarta. Sidak kali ini diikuti oleh Asih Sunjoto Putro (Wakil Ketua Komisi IV) dan Anna Budiarti (Anggota Komisi IV). Selasa (23/04/19)

IMG_0953

Untuk sidak kali ini, Komisi IV meninjau jalannya UNBK Hari Kedua di SMPN 2 Surakarta, SMPN 12 Surakarta, dan SMPN 4 Surakarta.

Dari ketiga sekolah yang disambangi Komisi IV, tidak ada kendala berarti. Hanya saja memang ada beberapa masalah yang masih perlu diperhatikan.

 

Masalah yang terjadi di ketiga sekolah adalah mengenai keterlambatan munculnya token yang digunakan siswa untuk log in dalam sistem untuk memulai mengerjakan soal UNBK. Akan tetapi, keterlambatan token tidak mengurangi jatah waktu dari siswa untuk mengerjakan soal ujian, yaitu 120 menit.

 

IMG_1007Mengenai sarana dan prasarana yang dibutuhkan. Ketiga sekolah yang dikunjungi Komisi IV sudah dalam tataran sangat cukup dan siap untuk menjalankan UNBK. Untuk SMPN 2 dan SMPN 4 Surakarta yang memiliki 4 Lab Komputer hanya menerapkan 2 Sesi ujian, yang masing-masing mulai pukul 07.30 dan 10.30 WIB. Sedangkan untuk SMPN 12 Surakarta menerapkan 3 Sesi, dengan sesi Ketiga dimulai pukul 13.30 WIB, hal tersebut dikarenakan sekolah hanya memiliki 2 Lab.

 

Menurut Sri Wuryanti selaku Kepala Sekolah SMPN 4 Surakarta walaupun dibagi 2 Sesi, tapi siswa sesi kedua tetap diharuskan datang pagi. “ Jadi yang sesi 2 juga kami suruh datang pagi, biar lebih tenang kalau di Sekolah, sekalian sholat dhuha, ditambah siswa juga bisa belajar dengan bimbingan Guru yang mereka pilih”, pungkas beliau.

 

Pada kesempatan kali ini, Komisi IV memang tidak bisa meninjau jalannya ujian secara langsung ke kelas-kelas, dikarenakan memang ujian sudah dimulai dan khawatir akan mengganggu konsentrasi siswa yang sedang ujian. Akan tetapi, pada prinsipnya besar harapan Komisi IV kepada sekolah agar menjalankan UNBK kali ini dengan maksimal, dan berharap tidak ada kendalan yang berarti. (ata)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *