Jumat , 24 September 2021

Pansus Pertanyakan Tagline Wali Kota Surakarta di RPJMD Tahun 2021-2026

Pansus Pertanyakan Tagline Wali Kota Surakarta di RPJMD Tahun 2021-2026

HUMAS DPRD KOTA SURAKARTA – Panitia khusus (Pansus) DPRD Kota Surakarta yang membahas rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Tahun 2021-2026 mempertanyakan seperti apa tagline Wali Kota Surakarta di RPJMD yang berlaku lima tahunan itu.

IMG_4581

Pertanyaan itu dilontarkan salah satu anggota Pansus, Abdul Gofar Ismail, pada rapat kerja Pansus bersama dengan OPD terkait di ruang Graha Paripurna DPRD Kota Surakarta, Rabu (4/8/2021).

 

Abdul Gofar membandingkan dengan Visi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo dan Achmad Purnomo, yang mengusung tagline Solo berseri tanpa korupsi untuk mewujudkan masyarakat 3 WMP (Wasis, Waras, Wareg, Mapan dan Papan).

 

“Kalau dulu di zaman Pak Rudy itu ada singkatan atau slogan yang mudah diingat yaitu 3 WMP. Kalau Pak Wali yang sekarang ada nggak,”tanya Abdul Gofar

 

Visi kepala daerah Kota Surakarta terpilih Tahun 2021-2026 adalah mewujudkan Surakarta sebagai Kota Budaya yang Modern, Tangguh, Gesit, Kreatif dan Sejahtera.

 

“Dari Visi itu apakah ada tagline yang bisa mewakili Pak Wali, biar nanti disetiap kesempatan ini bisa diketahui. Kalau bisa di RPJMD ini juga ada taglinenya, biar kita juga mudah mengingat visi misi Wali Kota,”sarannya

IMG_4573

Dia menyarankan agar tim kreatif Pemerintah Kota Surakarta dapat merumuskan Visi Misi Wali Kota menjadi sebuah tagline yang mudah diingat.

 

“Diambil saja yang pokok dari Visi tersebut. Monggo nanti tim kreatif Pemkot atau Pak Wali yang merumuskan,”imbuhnya

 

Menanggapi hal itu, Kepala Bappeda Kota Surakarta, Tulus Widajat, SE, M.Si, mengatakan hingga saat ini tidak ada instruksi dari Wali Kota terkait dengan tagline RPJMD Tahun 2021-2026. Namun, Tulus berjanji akan mengkomunikasikan hal itu dengan Wali Kota Surakarta, apakah ada tagline khusus untuk RPJMD lima tahun ini.

 

“Sampai detik terakhir sebelum kami pembahasan di DPRD, tidak ada instruksi baru dari Pak Wali terkait dengan tagline. Tapi mungkin setelah ini kami akan coba komunikasi ke beliau,”kata Tulus

IMG_4571

Menurutnya, selama ini Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, selalu mengusung tagline kebut vaksinasi, kebut pemulihan ekonomi. “Tapi apakah itu sudah mewakili semuanya, kita tidak tahu. Jadi jawabannya belum ada Pak Gofar,”ujar Tulus.

 

Setelah menyelesaikan pembahasan Bab VI dokumen RPJMD tentang strategi, arah kebijakan, dan program pembangunan daerah, Kamis (5/8/2021), dan rencananya akan dilanjutkan malam nanti, Pansus yang diketuai Suharsono, SH MH, itu dijadwalkan Jumat (6/8/2021) besok, kembali akan menggelar rapat kerja dengan agenda public hearing Raperda tentang RPJMD Tahun 2021-2026 bertempat di ruang Graha Paripurna DPRD Kota Surakarta. **

 

Jeprin S. Paudi

Related posts

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *