Selasa , 18 Februari 2020

Kunjungan Komisi IV ke Griya PMI Kota Surakarta

Kunjungan Komisi IV ke Griya PMI Kota Surakarta

Humas – Komisi IV DPRD Kota Surakarta melakukan Sidak di Griya PMI, kaitannya dengan percontohan pelayanan rehabilitasi Lansia dan masyarakat yang terlantar. (Senin, 6/1/2020)

 

Dalam sidaknya kali ini, Komisi IV meninjau langsung kondisi beberapa lansia yang dirawat di Griya PMI.

 

Kondisi dalam Griya PMI saat ini sangat memadai dan bersih, pelayanannya pun sangat professional, dibuktikan dengan pelayanan beberapa lansia wanita yang ada disana.

 

“Kunjungan kami kesini dalam rangka belajar menangani kesejahteraan lansia, yang memang dirawat secara prosesional dan penuh dedikasi, dengan birokrasi yang tidak berbelit dan mengikuti output pelayanan langsung,” ujar Ketua Komisi IV Putut Gunawan

 

Untuk Griya PMI sendiri, dalam perawatannya membagi 2 treatment yaitu Griya Bahagia untuk Pasien yang lansia dan Griya PMI Peduli yang menangani pasien gangguan kejiwaan maupun yang terlantar.

 

Saat ini, ada 19 pengurus yang ada di Griya PMI, dengan pasien yang ada sekarang sejumlah 135 orang. Disisi lain, sebenarnya untuk kapasitas Griya PMI sendiri masih muat untuk 150 pasien, akan tetapi untuk pasien wanita sudah mengalami overload, yang seharusnya 40 pasien, sekarang Griya PMI Peduli menampung 42 pasien wanita.

 

Sedangkan untuk jumlah pasien, yang dikategorikan lansia (dalam Griya Bahasgia) sejumlah 40 orang. Sisanya merupakan pasien dengan gangguan kejiwaan maupun terlantar.

 

Adapun kendala dari penanganan Lansia dan masyarakat terlantar yang dihadapi Griya PMI, ketika ada pasien yang baru diharuskan memiliki KIS, sedangkan proses dari pembuatan KTP bagi masyarakat terlantar memakan waktu yang banyak.

 

Output pada sidak kali ini merupakan sarana pembelajaran, salah satunya dalam pelaksanaan peraturan daerah tentang kesejahteraan lansia.

 

“kedepan dengan meninjau sini, berdasarkan mandate perda lansia dan masyarakat terlantar, mereka bisa mendapatkan affirmative action yang lebih konkrit dalam bentuk apapun nantinya,” pungkas Putut dalam kunjungannya.

Related posts

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *