Komisi III Tinjau Kali Jenes dan Penataan Pemukiman di Semanggi

Komisi III Tinjau Kali Jenes dan Penataan Pemukiman di Semanggi

HUMAS DPRD KOTA SURAKARTA – Pimpinan dan Anggota Komisi III DPRD Kota Surakarta meninjau Lokasi jalan Inspeksi di Aliran Kali Jenes Mertodranan. Setelahnya, Komisi yang mengurusi bidang pembangunan di Kota Surakarta ini meninjau Penataan pemukiman di wilayah Semanggi, Rabu (19/1/2021).

Lokasi yang ditinjau itu sering dikeluhan warga. Dalam kunjungan pertamanya di Aliran Kali Jenes di daerah Mertodranan Kelurahan Semanggi, Komisi III menerima keluhan mengenai luasan jalan inspeksi di sisi Aliran Kali Jenes yang tidak layak.

Ketua Komisi III DPRD Surakarta, YF Sukasno menjelaskan, mengenai pentingnya jalan inspeksi yang ada di sepanjang Aliran Kali Jenes.

“Saya dengan pak Lurah, dengan pak RW, dan pak Camat, dan dengan teman-teman komisi melihat harusnya ini ada jalan inspeksi, itu mandat undang-undang, tapi ternyata ada bangunan yang mungkin saja ini gerus jalan inspeksi.”, ujar YF Sukasno

Ketua Fraksi PDIP ini menambahkan, akan melakukan koordinasi dengan Dinas terkait agar keberadaan Jalan Inspeksi bisa difungsikan dengan semestinya.

“Nanti kita akan minta supaya jalan inspeksi ini hidup dan dibangun, karena penting adanya jalan inspeksi di pinggir sungai. Jadi itu mestinya bangunan tidak menjorok ke jalan inspeksi karena sangat mengganggu jalan inspeksi dan dampaknya akan mengganggu fungsi dari sungai atau kalideres.”, imbuh YF Sukasno ketika menyusuri langsung Jalan Inspeksi

Selanjutnya, Komisi III DPRD meninjau Lokasi Penataan pemukiman warga di Wilayah Semanggi, tepatnya di sekitar Talud Bengawan Solo.

Nantinya, pemukiman yang berada di “Kawasan Sabuk Ijo Tanggul Bengawan Solo” akan dibangun kembali dengan penataan yang lebih rapi.

“Nantinya akan didirikan bangunan yang sebagian besar menghadap ke barat, tapi untuk bagian utara akan lebih besar penataaannya.
Hal itu bertujuan untuk mengurangi pemukiman kumuh dan progam penunjang 100 kosong 100 Kota Surakarta”, tambah YF Sukasno saat ditemui di lokasi.

Sukasno menjelskan, penataan sekitar 136 Rumah, terletak di luar tanggul berdampingan. Rang jalan inspeksi baru itu akan dikerjakan secara bertahap menyesuaikan anggaran tahun 2022.

“Harapannya dari anggaran tahun 2022, karena ada bagian yang termasuk wilayah Kelurahan Sangkrah Tetapi untuk lebih lanjutnya akan dikoordinasikan dan bekerjasama dengan pemerintah kota serta kementrian melalui progam kotaku,”pungkasnya. **

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *