Ketua DPRD Kota Surakarta Berhasil Selesaikan Pendidikan Lemhannas

Ketua DPRD Kota Surakarta Berhasil Selesaikan Pendidikan Lemhannas

HUMAS DPRD KOTA SURAKARTA – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Surakarta, Budi Prasetyo, berhasil menyelesaikan seluruh rangkaian proses pendidikan Program Pemantapan Pimpinan Daerah Angkatan (P3DA) XI Tahun 2020 di Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) Republik Indonesia.

 

Budi Prasetyo, dinyatakan lulus bersama 25 peserta lainnya, yang terdiri dari 9 orang Bupati, 3 orang Wakil Bupati, 4 orang Walikota, 1 orang Wakil Walikota, 7 Ketua DPRD, 1 Wakil Ketua DPRD, dan 1 orang Sekretaris Daerah Kabupaten.

WhatsApp Image 2020-12-07 at 08.41.52

Kelulusan peserta ini diumumkan pada acara Penutupan Program Pemantapan Pimpinan Daerah Angkatan (P3DA) XI bertempat di Ruang Dwi Warna Gedung Panca Gatra, Senin, (7/12/2020).

 

Pendidikan yang berlangsung selama 2,5 bulan itu ditutup secara resmi Gubernur Lemhannas RI, Letjen TNI Purn Agus Widjojo.

 

Gubenur Lemhanas, Letjen TNI Purn Agus Widjojo, dalam sambutannya pada acara penutupan itu berpesan, agar seluruh Alumni P3DA mampu mengimplementasikan ilmu pengetahuan dan wawasan yang diperoleh selama pendidikan melalui pemahaman dan cara berpikir komprehensif, integral, holistik, dan sistemik sebagaimana yang dipelajari selama pendidikan.

 

Agus Widjojo, berharap ilmu yang telah diperoleh selama pendidikan di Lemhannas dapat dijadikan acuan dalam penyusunan berbagai kebijakan dan mencari solusi permasalahan sesuai spesifikasi daerah masing-masing.

 

Ia meminta para Alumni melaksanakan tugas sesuai dengan ketentuan yang ada tanpa memperhitungkan untung rugi serta menghindari tindakan yang bermuara pada kepentingan sempit maupun pribadi. “Tegarlah menghadapi godaan yang seolah memberi keuntungan besar jangka pendek tapi sebenarnya merugikan reputasi dalam jangka panjang. Bila kita tidak bisa tegar untuk bertahan pada ketetapan yang ada ingatlah implikasi yang merugikan bagi keluarga,”pesan Agus Widjojo sebagaimana dilansir dari laman resmi website Lemhannas RI

 

Agus Widjojo juga menekankan agar para alumni harus mampu menjadi pemimpin daerah yang bermoral, beretika, yang paham tentang wawasan kebangsaan serta mampu mengatasi permasalahan di daerah. “Tingkatkan kepekaan dan kepedulian terhadap perkembangan kondisi sosial kemasyarakatan di daerah masing-masing serta selalu jaga nama baik almamater,”tekannya

 

Sementara, Ketua DPRD Kota Surakarta, Budi Prasetyo, mengatakan ilmu yang telah diperoleh dari Lemhannas itu sangat membantu dan bermanfaat terhadap tugas yang diembannya saat ini, khususnya dalam menyusun kebijakan strategis bersama Pemerintah Kota yang berorientasi pada kepentingan publik. “Ada banyak tambahan ilmu yang diperoleh selama Lemhannas, yang nantinya bisa diterapkan dalam menunjang tugas pokok dan fungsi saya sebagai Ketua DPRD,”kata Budi Prasetyo, saat dihubungi melalui WhatsApp pribadinya, Selasa (8/12/2020)

 

Tugas pokok dan fungsi (tupoksi) DPRD itu terangnya ada tiga, yaitu budgeting, menyusun anggaran bersama dengan Pemerintah Kota. Selanjutnya Legislasi membuat Peraturan Daerah bersama dengan Pemerintah Kota serta Controling, yaitu mengawasi jalannya pemerintahan. “Selama pendidikan saya juga memperoleh banyak pengetahuan dan pengalaman, tidak hanya soal Tupoksi saya tapi juga wawasan tentang nilai nilai kebangsaan,”ungkapnya.

WhatsApp Image 2020-12-07 at 08.41.52(1)

Ia mengaku bersyukur dapat menyelesaikan seluruh proses pendidikan P3DA itu, dan dinyatakan lulus. “Saya bersyukur bisa menyelesaikan pendidikan ini dan dinyatakan lulus,”tuturnya

 

Meski proses pendidikan selama 2,5 bulan itu dilakukan secara daring, karena masih masa Pandemi Covid-19, namun hal itu tidak mempengaruhi substansi materi yang diberikan. “Meskipun dilakukan secara daring, namun seluruh materi yang diberikan dapat diserap dengan baik,”pungkasnya

 

Jeprin S. Paudi

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *