Selasa , 29 November 2022

Keris Berusia Ratusan Tahun Dipamerkan di Gedung DPRD Surakarta

Keris Berusia Ratusan Tahun Dipamerkan di Gedung DPRD Surakarta

HUMAS DPRD KOTA SURAKARTA – Lebih dari 100 keris dipamerkan pada event Bahana Pusaka Nusantara di Graha Paripurna Kantor DPRD Kota Surakarta, Sabtu (14/5/2022).

Dari 106 keris itu, beberapa diantaranya telah berusia ratusan tahun. Salah satunya adalah Keris Lukus dhapur Jalak Budho milik kolektor Hery Suryo Wibowo. Keris yang memiliki ukiran Buto Bajang itu diperkirakan berusia 700 tahun lebih.

“Keris ini peninggalan kerajaan Majapahit,”ujar Hery Suryo Wibowo, salah satu kolektor dan kurator keris yang ikut dalam pameran keris itu.

Hery Suryo Wibowo yang ditemui disela-sela pameran itu juga sempat memperlihatkan salah satu keris yang memiliki nilai jual paling mahal. Keris berjenis Luk Kamarogan itu dibandrol dengan harga Rp1 Miliar. Keris ukiran Yudhawinatan itu merupakan masterpiece yang dikoleksi Hery Suryo Wibowo.

Ketua DPRD Kota Surakarta, Budi Prasetyo, S.Sos, MAP, mengatakan event Bahana Pusaka Nusantara itu dilaksanakan oleh Paguyuban Sutresna Tosan Aji Nunggak Semi, bekerjasama dengan DPRD Kota Surakarta.

Kegiatan itu bertujuan mengangkat kembali budaya perkerisan yang ada di Kota Surakarta. Apalagi, kata Budi Prasetyo, selama masa pendemi dan angka kasus covid-19 melonjak, praktis tidak ada kegiatan seperti ini yang bisa dilaksanakan.

“Melalui kegiatan ini kita berharap dapat mendukung program Pemerintah dalam pemulilihan ekonomi masyarakat. Harapannya juga kegiatan ini dapat mejadi pemicu paguyuban lainnya untuk ikut begerak,”ujar Budi Prasetyo kepada sejumlah awak media.Kegiatan yang berlangsung hingga Minggu (15/5/2022), itu dibuka secara resmi, Wakil Wali Kota Surakarta, Teguh Prakosa. Orang nomor dua di Pemkot Surakarta ini berharap, melalui kegiatan Bahana Pusaka Nusantara, masyarakat Kota Surakata bisa lebih mengenal dan mengetahui warisan budaya asli Indonesia ini.

“Keris merupakan warisan budaya dunia tak benda yang telah diakui oleh UNESCO. Saya berharap kedepan kegiatan seperti ini sering diadakan, agar masyarakat tidak lupa dengan warisan budaya nenek moyang kita,”harapnya

Ketua DPRD Kota Surakarta Periode 2014-2019 itu juga memberikan apresiasi positif kepada seluruh pimpinan dan anggota DPRD Kota Surakarta yang bekerjasama dengan Paguyuban Sutresna Tosan Aji Nunggak Semi menggelar kegiatan ini.

“Kegiatan ini sangat positif,”kata Teguh Prakosa

Selain pameran keris, pada event Bahana Pusaka Nusantara ini juga digelar bursa keris, sarasehan, lelang keris dan konsultasi keris.

Beberapa kolektor keris yang ikut dalam pameran itu, diantaranya Dr Abdul Kharis (DPR RI), Dr. Suparjito M.Si (Jakarta), Dr. Eko Sumardiyono dan Dr. Helmawan Triantono (Yogyakarta), Agung Kurniawan (Surabaya), Dr. Sabar Narimo (UMS), Muh Syifa (Lesbumi Sragen), Dheny Purwo Hariyanto (General Manager Airnav Cabang Solo), Bowo Laksono (Kartosuro), Danur Sri Wardhana, ST (DPRD Sukoharjo), Sugeng Riyanto (DPRD Surakarta) dan Budi Hartanto, ST (Nunggak Semi Surakarta) **

Jeprin S. Paudi

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *