IMB Doddy Sutanto Dicabut. Komisi III : Nanti Kita Undang Pemilik Bangunan

IMB Doddy Sutanto Dicabut. Komisi III : Nanti Kita Undang Pemilik Bangunan

HUMAS DPRD KOTA SURAKARTA – Pemerintah Kota Surakarta melalui Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) telah mencabut Izin Mendirikan Bangunan (IMB) atas nama Doddy Sutanto yang beralamat di RT 001 RW 006 Kampung Kaparen Kelurahan Jayengan Kecamatan Serengan Surakarta.

Namun, Doddy Sutanto justru tidak mengetahui, jika IMB miliknya sudah dicabut sejak tanggal 13 Juni 2019, sebagaimana Keputusan Wali Kota Surakarta Nomor 601/1144/DPMPTSP/VI/2019.

Menyikapi hal itu, Komisi III yang dipimpin YF, Sukasno, SH, menggelar rapat bersama pihak terkait di ruang Komisi III, Rabu (22/12/2021).   

Pelaksana tugas Kepala Dinas PMPTSP Kota Surakarta, Dra Andriyani Sasanti, MM, yang hadir dalam rapat tersebut mengatakan, IMB itu menyalahi ketentuan teknis bangunan garis sempadan jalan (GSJ) dan garis sempadan bangunan (GSB).

Pihak berwenang sudah beberapa kali melakukan mediasi, bahkan memberikan teguran kepada pemilik bangunan, namun teguran tersebut tidak dilaksanakan.

“Makanya IMBnya dicabut,”kata Andriyani Sasanti

Menyikapi hal itu, Pimpinan dan Anggota Komisi III juga telah turun ke lapangan melihat langsung bangunan Doddy Sutanto tersebut, Kamis (23/12/2021).

Ketua Komisi III, YF Sukasno, mengatakan, bangunan milik Doddy Sutanto, saat ini tidak memiliki IMB. Karena tidak memiliki IMB, konsekuensinya bangunan tersebut akan dibongkar oleh petugas.

“Bangunan itu tidak ada IMB. Konsekuensinya dan tindak lanjutnya akan dibongkar oleh petugas,”ujar YF Sukasno

Namun, lanjut Sukasno, jika pemilik bangunan merasa tidak terima dengan pencabutan IMB itu, dapat mengadu ke OPD terkait.

Ia juga meminta pemilik bangunan, jika merasa secara teknis benar, agar dipertahankan. Sebaliknya jika salah, harus mengakui kesalahan itu.  

“Kalau secara teknis merasa betul, pertahankan, tapi kalau salah harus diakui,”ucapnya

Pencabutan IMB juga lanjut Sukasno, karena pemilik bangunan tidak kooperatif “Karena tidak kooperatif makanya IMBnya dicabut,”ujarnya

Menindaklanjuti sengkarut pencabutan IMB itu, Komisi III berencana mengundang pemilik bangunan “Nanti kita akan undang pemilik bangunan, karena pemilik bangunan tidak tahu kalau IMBnya sudah dicabut. Nanti kita komunikasikan di Kantor, pemilik bangunan dan juga OPD terkait.”pungkasnya

Jeprin S. Paudi, Alfian Taufiq

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *