DPRD Umumkan Gibran – Teguh Sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta Terpilih

DPRD Umumkan Gibran – Teguh Sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta Terpilih

HUMAS DPRD KOTA SURAKARTA – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Surakarta secara resmi mengumumkan penetapan pasangan Gibran Rakabuming Raka – Teguh Prakosa sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta terpilih hasil pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta Tahun 2020.IMG_0203

Pengumuman tersebut disampaikan melalui Rapat Paripurna yang dipimpin langsung Ketua DPRD, Budi Prasetyo, di Graha Paripurna DPRD Kota Surakarta, Senin (25/1/2021).

Pada saat yang sama, DPRD Juga mengumumkan akhir masa jabatan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta masa Jabatan Tahun 2016-2021.

Pengumuman itu dihadiri lengkap Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta Periode 2016-2021, FX Hadi Rudyatmo dan Achmad Purnomo serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta terpilih Periode 2021-2026, Gibran Rakabuming Raka – Teguh Prakosa.

Gibran tiba di Gedung DPRD Kota Surakarta sekitar pukul 14.00 WIB. Putra Sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu terlihat mengenakan kemeja batik lengan panjang dipadu celana slim fit berwarna hitam dan sepatu jenis slip on. Sementara, Teguh Prakosa tiba lebih dulu. Mantan Ketua DPRD Kota Surakarta itu terlihat mengenakan kemeja berwarna putih berpadu dengan celana warna hitam dan sepatu kets.

Ditemui usai Paripurna, Gibran mengaku tidak memiliki persiapan khusus menjelang pelantikan dirinya sebagai Wali Kota Solo. “Tidak ada persiapan khusus, tapi kalau baju sudah diurus Bagian Umum,”katanya kepada sejumlah Awak Media yang menemuinya di depan ruang Graha Paripurna Gedung DPRD.

IMG_0213Ketua DPRD, Budi Prasetyo, yang memimpin langsung Rapat Paripurna tersebut mengatakan, pengumuman penetapan pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta terpilih dan akhir masa jabatan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta masa Jabatan Tahun 2016-2021 itu didasarkan pada Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota menjadi Undang-Undang.

Pasal 160 ayat 3 disebutkan, pengesahan pengangkatan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati, serta pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih dilakukan berdasarkan penetapan pasangan calon terpilih oleh KPU Kabupaten atau Kota yang disampaikan oleh DPRD Kabupaten atau Kota kepada Menteri Dalam Negeri RI melalui Gubernur.

Budi juga menyebut, berdasarkan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri 273/487/SJ Tanggal 21 Januari 2020 tentang penegasan dan penjelasan terkait pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada serentak Tahun 2020, maka DPRD Kabupaten Kota mengumumkan dalam rapat Paripurna hasil penetapan pasangan calon terpilih oleh KPU Kabupaten atau Kota sebelum disampaikan kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur.

“Pengumuman dalam Rapat Paripurna, hasil penetapan pasangan calon terpilih sebagaimana dimaksud, juga mengumumkan akhir masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota periode sebelumnya,”ungkapnya

DPRD mengumumkan dalam rapat paripurna tersebut, masa jabatan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta periode 2016-2021, FX Hadi Rudyatmo – Achmad Purnomo akan berakhir tanggal 17 Februari 2021. “Kepada beliau disampaikan terima kasih atas segala jasa-jasanya,”ujar Sekretaris DPRD Kota Surakarta, Tri Puguh Priyadi, SH MM yang membacakan pengumuman tersebut. **

Jeprin S. Paudi

Related posts

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *