Jumat , 21 Juli 2017

YF Sukasno SH, Selalu Berjuang Dengan Rakyat

DPRD Kota Surakarta beberapa waktu yang lalu telah menetapkan susunan pengurus fraksi. Ada enam fraksi yang ditetapkan, empat fraksi mandiri dan dua fraksi gabungan. Keempat fraksi mandiri adalah: PDI Perjuangan, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Amanat Nasional dan Partai Golkar.  Sedangkan dua fraksi gabungan adalah: Persatuan Indonesia Raya dan Demokrat Nurani Rakyat. Portal ini akan menurunkan profil singkat keenam ketua fraksi mulai hari ini.

KETUA Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Surakarta ini berpenampilan kalem dan tidak meledak-ledak dalam berkomunikasi dengan siapapun. Bahkan, di kalangan pedalangan dirinya ditunjuk untuk menjadi Ketua Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi). Dia adalah YF Sukasno SH.

Keanggotaannya di DPRD Kota Surakarta periode 2014-2019 ini merupakan yang kali ketiga. Saat pileg 2004 silam, dirinya menempati nomor urut enam dan PDI Perjuangan di daerah pemilihan Jebres mendapatkan lima kursi. Ini berarti YF Sukasno tidak masuk ke DPRD.

Namun, salah satu yang terpilih menjadi anggota DPRD, yaitu FX Hadi Rudyatmo, maju sebagai calon wakil walikota dan berpasangan dengan Jokowi. Mau tidak mau FX Hadi Rudyatmo harus mengundurkan diri sebagai anggota legislatif dan ini memberi peluang bagi YF Sukasno untuk masuk ke lembaga legislatif Surakarta.

Lelaki yang pernah bergabung dengan LSM Forum Masyarakat Solo Independent (Formasi) ini setahun kemudian karier politiknya menanjak. Oleh partainya YF Sukasno dipercaya menjadi Ketua Fraksi PDI Perjuangan dan menjalankan tugasnya di Komisi III.

YF Sukasno yang mengawali karier politiknya mulai dari ketua kelompok (setingkat RW) di PDI, saat itu, dalam pileg 2009 kembali terpilih. Oleh partainya dipercaya menjadi Ketua DPRD Kota Surakarta periode 2009-2014.

Lelaki yang selalu berjuang bersama rakyat ini dalam pileg 2014 silam maju kembali dan menempati nomor urut dua. Dia pun kembali terpilih untuk menjadi anggota DPRD Surakarta periode 2014-2019. YF Sukasno yang sudah berpengalaman sebagai Ketua DPRD, dipercaya menjadi Ketua DPRD sementara untuk memfasilitasi berbagai tugas sebelum Ketua DPRD definitif terbentuk. (S)

 

 

 

Related posts

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *