Studi banding Pansus Penyelenggaraan Perpustakaan ke Pemerintah Kota Denpasar

Studi banding Pansus Penyelenggaraan Perpustakaan ke Pemerintah Kota Denpasar

KOTA DENPASAR – Panitia Khusus Penyelenggaraan Perpustakaan DPRD Kota Surakarta melakukan Studi Banding ke Pemerintah Kota Denpasar pagi hari ini, dalam rangka mengetahui pelaksanaan dan mekanisme penyelenggaraan Perpustakaan di Kota Denpasar, Jum’at (21/6/19).

WhatsApp Image 2019-06-21 at 09.29.20

 

Dalam kunjungannya, Pansus yang diketuai Anna Budiarti, SPAK, didampingi Wakil Ketua III Djaswadi, ST bersama seluruh anggota pansus dari berbagai Komisi.

 

Terkait dengan perpustakaan, Perda Perpustakaan di Pemkot Denpasar telah dipersiapkan sejak tahun 2016 dan baru ditetapkan tahun 2019. Hal ini dalam rangka menunjang operasional perpustakaan Kota Denpasar dan memfasilitasi kegiatan keperpustakaan di Kota Denpasar.

 

WhatsApp Image 2019-06-21 at 09.29.20(1)Adapun Perda Perpustakaan Pemkot Denpasar memuat hal yang sangat mendasar dalam penyelenggaraan perpustakaan, yang terdiri dari  10 Bab & 26 Pasal. Didalam peraturan tersebut diatur mulai dari  Hak & Kewajiban masyarakat, Kewajiban & Kewenangan Pemerintah Daerah hingga pembinaan & pengawasan dan juga larangan maupun sanksi administrative yang ada dalam penyelenggaraan perpustakaan.WhatsApp Image 2019-06-21 at 09.29.19

 

Dinas Perpustakaan Pemkot Kota Denpasar memiliki 2 pustakawan yang siap menunjang perpustakaan Kota Denpasar yang memiliki kurang lebih 1000 -2000 koleksi buku bacaan. Dengan rata-rata kunjungan perhari mencapai 50 – 100 orang.

 

Pemerintah Kota juga melakukan kerjasama, dengan wujud MOU Hibah Buku, maupun MOU Pengelolaan Perpustakaan. Ditambah dengan gerakan gemar & budaya membaca diwujudkan dalam kegiatan seperti lomba berpidato, lomba bercerita, dan lomba meringkas isi buku tercepat.

 

 

Related posts

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *