Selasa , 23 April 2019

Sidak Komisi IV DPRD Kota Surakarta

Sidak Komisi IV DPRD Kota Surakarta

HUMAS DPRD – Komisi IV DPRD Kota Surakarta melakukan sidak marathon ke 3 puskesmas, yaitu Puskesmas Pembantu Sibela, Mojosongo, dan Puskesmas Sangkrah. Sidak ini bertujuan untuk melihat dan mengawasi secara langsung pelayanan kesehatan masyarakat di Puskesmas, Selasa (15/01/19)

Pantauan di lapangan, pelayanan di Puskesmas pembantu Sibela dan Mojosongo tidak ditemukan maladministrasi, semua berjalan seperti aturan yang diterapkan. Kedua Puskesmas tersebut melayani dan menerima pasien JKN sesuai ketentuan, bahkan pasien perbatasan/Kabupaten tetangga juga diakomodir.

” Semua pasien baik JKN atau tidak, dilayani semaksimal mungkin. IGD kita persiapkan, jika tidak memadai, kami rujuk ke faskes kelas C, termasuk pasien dari luar Solo, ” pangkas Tutik Asmi (Kepala Puskesmas Sibela).

Terkait dengan kelengkapan fasilitas pelayanan, sudah dalam kategori yang cukup. Hanya saja untuk Puskesmas Sibela secara desain bangunannya belum mengakomodir kebutuhan masyarakat disabilitas.

” Sudah rapi pelayanannya, tapi sayangnya bangunan masih kurang ramah untuk masyarakat yang difabel, ” jelas Ardianto, Anggota Komisi IV.

Ditemukan juga beberapa kerusakan pada fisik bangunan, seperti kerusakan talang air di Puskesmas Mojosongo, dan kurang tertutupnya ruang penyediaan makanan bagi pasien di Puskesmas Sibela.

Saat ditemui di Puskesmas Sangkrah, Siti Muslikhah Sekretaris Komisi IV menjelaskan mengenai alih guna tempat bermain anak menjadi ruang tunggu berobat yang kurang sesuai. Ruang bermain anak tergeser karna padatnya jumlah pengunjung puskesmas. Menurut laporan, hampir setiap hari kurang lebih 200 pengunjung bahkan bisa lebih di hari-hari tertentu.

” Ruang tunggunya kurang luas, dan terpaksa tempat bermain anak dialihkan ke teras depan. ” ungkap Siti, ” Kasihan anak-anak kepanasan, nanti kita konsultasikan ke Dinas Kesehatan. “

Related posts

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *