Kamis , 21 September 2017

Sedikitnya 24 Raperda Digarap Tahun Ini

Berita Dewan – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Surakarta tahun ini akan menggarap sedikitnya 24 rancangan peraturan daerah (raperda). Di antara 24 raperda itu ada dua raperda yang merupakan luncuran tahun 2010 dan tahun 2012. Kedua raperda itu adalah : Raperda tentang Pelarangan, Pengawasan, Pengendalian, Peredaran dan Penjualan Miras/ Minuman Beralkohol. Serta raperda tentang Cagar Budaya.

Dari 24 delapan di antaranya dijadwalkan mulai dibahas Januari hingga April mendatang. Bahkan, Raperda tentang Perubahan Atas Perda No. 6 tentang Pendirian PD TSTJ dan Raperda Penyelengaraan Perhubungan sudah memasuki pembahasan di tingkat Panitia Khusus (Pansus).

Di masa sidang kedua (Mei-Agustus) DPRD setempat menjadwalkan akan membaha enam raperda, dua di antaranya merupakan Prakarsa DPRD, yakni Raperda tentang Olahraga dan Raperda tentang Penanggulangan Bencana Alam. Dari keenam  raperda itu, tiga yang lain merupakan revisi perda, yakni tentang Air Tanah, tentang HO dan Pemondokan.

Sementara itu, di masa sidang ketiga (September-Desember) dewan menjadwalkan untuk membahas enam raperda. Dua di antaranya merupakan prakarsa DPRD, yakni Raperda tentang Keterbukaan Informasi Publik dan tentang Trafficking. Sisanya merupakan raperda yang diajukan eksekutif.

Dalam fungsi legislasi DPRD selain menggarap raperda juga mengerjakan permit DPRD. Ada tiga permit yang dijadwalkan akan dibahas, salah satunya adalah Permit Pelepasan Aset PD Bank Pasar.

Fungsi Anggaran

Dalam fungsi anggaran DPRD menjadwalkan akan membahas Raperda Pertanggung Jawaban Pelaksanaan APBD 2012 di bulan Juli. Di bulan yang sama DPRD akan membahas Pra Perubahan APBD 2013 (KUA dan PPAS 2013) serta Reprda Perubahan 2013.

Sementara itu, Pra APBD (KUA dan PPAS 2014) akan dibahas di bulan Agustus. Raperda tentang APBD 2014 mendapatkan jadwal pembahasan selama tiga bulan, mulai Oktober hingga Desember. (S)

Related posts

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *