Sabtu , 19 Agustus 2017

Reses Merupakan Hak Wakil Rakyat

Anggota DPRD Kota Surakarta,  Abdullah A.A, reses merupakan hak anggota DPRD. “Apakah akan digunakan hak itu atau tidak tergantung anggota masing-masing,” katanya, siang tadi, kepada penulis dprd- online.

“Baik diambil atau tidak, itu tak sanksinya. Kalau anggota dewan merasa tidak perlu tentu saja tidak mengambil reses itu. Namun, bagi yang memerlukan pasti akan menggunakan masa reses itu untuk menyerap aspirasi.”

“Jadi apa yang kami lakukan itu disampaikan ke rakyat untuk meminta koreksi dari masyarakat. Apakah kinerja Dewan ini sudah sesuai dengan harapan masyarakat atau belum. Selain itu, kami juga menyerap aspirasi apa yang harus diperjuangkan untuk ke depannya. Masukan masyarakat itu diserap dan disampaikan ke pemerintah kota (pemkot). Kadang-kadang informasi itu tidak sampai ke rakyat di tingkat bawah,” tambah politisi dari Partai Hanura ini.

Dia memandang wajar, bila reses dipandang hanya dimanfaatkan oleh wakil rakyat. Menurutnya, reses tidak memungkinkan dilakukan setelah pemilu karena sudah masuk pembahasan LKPj [laporan keterangan pertanggungjawaban] walikota. LKPj itu menjadi batas masa persidangan I,” katanya. (S)

Related posts

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *