Rabu , 20 September 2017

Probolinggo Gali Informasi Soal PAD

Probolinggo Gali Informasi Soal PAD

Komisi B DPRD Kota Probolinggo, siang tadi (21/11), berkunjung ke DPRD Kota Surakarta. Rombongan yang dipimpin  H Roy Amran SE itu diterima Ketua Komisi IV, Hartanti SE, di Gedung Paripurna DPRD setempat.

Amran mengatakan, Surakarta tak ubahnya Kota Probolinggo, memiliki lima kecamatan, tapi PAD-nya sungguh menakjubkan. “Kami ingin mengetahui cara menggali potensi dan mewujudkannya dalam anggaran,” ujarnya.

Atas hal itu, Hartanti menjelaskan, PAD dari tahun ke tahun menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan. Tahun 2014, katanya, mendapatkan PAD Rp 341 miliar, sedangkan untuk tahun 2015 mendatang ditarget naik sekitar tujuh prosen.

“Kami meyakini bila target itu akan tercapai, karena potensinya maish bisa digali lebih serius,” ujar politisi dari PDI Perjuangan ini.

Sementara itu, Budi Murtono, staf DPPKA, menjelaskan, kontribusi terbesar atas  PAD itu adalah pajak sebesar Rp 215 miliar, retribusi Rp 56, 5 miliar, perusda Rp 7,6 miliar. Untuk lain-lain, tambahnya, mencapai Rp 61, 9 miliar. “Pendapatan dari BLUD dicatat dalam pendapatan  lain-lain,” tambahnya.

Salah satu kiat, menurut Budi, untuk menaikkan pajak hotel adalah untuk hotel yang besar dipersilakan membuat perhitungan sendiri. Namun, katanya, untuk hotel kelas melati atau bintang satu diterapkan audit. Bahkan, tambahnya, tim audit harus menghitung jumlah handuk yang dicuci. (S)

SERAHKAN CINDERA MATA: Ketua Komisi IV DPRD Kota Surakarta, Hartanti SE, menyerahkan lambang Kota Surakarta kepada Ketua Komisi B DPRD Kota Probolinggo, H Roy Amran SE, selepas berdialog. (foto dan teks: S)

Related posts

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *