Jumat , 15 Februari 2019

Penerimaan Tamu Kunjungan Kerja dari Banmus DPRD Kota Semarang dan Kabupaten Kuningan, serta DPRD Kabupaten Pemalang dan Sidoarjo

Penerimaan Tamu Kunjungan Kerja dari Banmus DPRD Kota Semarang dan Kabupaten Kuningan, serta DPRD Kabupaten Pemalang dan Sidoarjo

Humas – DPRD Kota Surakarta menerima tamu Kunjungan kerja dari Banmus DPRD Kota Semarang dan Kabupaten Kuningan, serta DPRD Kabupaten Pemalang dan Sidoharjo. Dalam pertemuan kali ini, membahas beberapa topik, antara lain:

  • Sistem Perijinan di Kota Surakarta
  • Penyusunan Rencana Kerja DPRD dan Perencanaan Pembangunan 2020.
  • Sistem Ketenagakerjaan, Arsip dan Keperpustakaan

IMG_0027Kunjungan diterima oleh Abdul Ghofar, S.Si (Wakil Ketua DPRD Kota Surakarta) didampingi oleh Asih Sunjoto, S.Si (Wakil Ketua Komisi IV) dan Siti Muslikah, S.Sos (Sekretaris Komisi IV). Hadir pula perwakilan dari Dinas Ketenagakerjaan dan Perindustrian serta Dinas Kearsipan dan Perpustakaan  di Graha Paripurna DPRD Kota Surakarta, Senin (21/01/2019).

Pertama, terkait sistem perijinan, ditanyakan oleh Joko Santoso (Wakil Ketua DPRD Kota Semarang). “kalau di kota Solo, sistem perijinannya seperti apa ya?, apa sudah menerapkan sistem satu pintu secara menyeluruh?”, tanya Joko Santoso.

Kota Surakarta mulai tahun 2018, berbarengan dengan adanya peraturan pemerintah mengenai OPD. Merubah nomenklatur Kantor Perijinan menjadi Dinas Perijinan dalam hal ini tergabung dalam Dinas Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). Pertubahan ini dimaksudkan agar mempermudah investor dalam mengurus perijinan dan merampingkan struktur birokrasi yang ada. Hal tersebut dikarenakan Kota Surakarta tidak memiliki sumber daya alaIMG_0066m, jadi lebih mengandalkan dari sisi pelayanan jasa, sehingga semua pelayanan termasuk perijinan harus dibuat sebaik mungkin.

Kedua, mengenai penyusunan rencana kerja DPRD dan perencanaan pembangunan 2020. “Untuk rencana kerja DPRD Surakarta, saat ini kami sudah menyusunnya, dengan diawali koordinasi antara pimpinan dewan dan pimpinan alat kelengkapan, untuk kemudian di finalisasi dalam badan musyawarah”, jelas Abdul Ghofar. Sedangkan mengenai perencanaan pembangunan 2020, DPRD mengupayakan agar penyusunan RKPD ditargetkan selesai Maret. Untuk perkembangannya, saat ini proses Musrenbangkel diperkirakan selesai bulan ini, sehingga sudah bisa segera dilakukan Musrenbangcam dan Musrenbangkot.

Ketiga, mengenai ketenagakerjaan, arsip dan keperpustakaan. Terkait dengan ketenagakerjaan, pemerintah sudah mempunyai Perda inisiatif, sehingga segala sesuatunya sudah diatur didalamnya. Sedangkan untuk arsip dan keperpustakaan, pemerintah kota Surakarta sudah memiliki Gedung tersendiri, sedangkan untuk Perdanya belum ada, masih sebatas naskah akademik. (Ata)

Related posts

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *