Rabu , 28 Juni 2017

Pemkot Diminta Segera Masukkan KUA-PPAS APBD Perubahan 2014

Beberapa anggota DPRD Kota Surakarta meminta Pemkot setempat segera memasukkan Nota Penjelasan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBD Perubahan 2014 ke Dewan, pertengahan Mei. Alasannya, agar APBD Perubahan 2014 dapat segera dibahas sebelum masa jabatan anggota DPRD periode saat ini berakhir Agustus mendatang.

Pasalnya, jika APBD Perubahan 2014 dibahas setelah anggota DPRD periode 2014-2019 dilantik, dipastikan waktunya tidak cukup. Selain itu, pengesahan APBD Perubahan 2014 setelah pelantikan anggota DPRD periode yang baru justru berpotensi membuat APBD Perubahan 2014 tidak maksimal terserap lantaran waktu pelaksanaan yang mepet.

Pendapat itu dilontarkan kata Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Surakarta, Honda Hendarto, siang tadi, lelalui perbincangan lewat telepon.

Menurutnya, jika menunggu yang baru jelas tidak cukup. “Pelantikan anggota DPRD baru kan 14 Agustus 2014. Setelah itu masih harus membentuk alat kelengkapan dan tata tertib DPRD. Kemungkinan November- Desember baru bisa membahas APBD Perubahan. Jelas tidak selesai. “

“Kalau pun selesai juga tidak bisa dilaksanakan mengingat waktunya yang mendekati akhir tahun anggaran,” kata politisi dari PDI Perjuangan ini.

Sejaolan dengan pernyataan Honda, Ketua DPRD Surakarta, YF Sukasno menegaskan, sebelum masa jabatan anggota DPRD 2009-2014 berakhir, APBD Perubahan 2014 sudah harus digedok.

“Bukan karena apa-apa. Tetapi APBD Perubahan 2014 itu memang urgent untuk segera dibahas. Kalau setelah pelantikan anggota DPRD yang baru jelas tidak selesai. Ya konsekuensinya, anggota DPRD saat ini tugasnya menumpuk, “ terangnya.

Oleh karena itu, Sukasno meminta Pemkot untuk tanggap dengan adanya masa transisi anggota DPRD pada Agustus mendatang. Pihaknya berharap, pertengahan Mei, Nota Penjelasan KUA-PPAS APBD Perubahan 2014 sudah masuk ke DPRD.

“Mestinya Pemkot tanggap. Sehingga kita harapkan ada komunikasi Pemkot dengan DPRD sehingga awal Mei sudah bisa kita agendakan (rapat paripurna). Meskipun informasi informalnya (KUA PPAS) juga sudah siap,” tandasnya. (S)

Related posts

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *