Sabtu , 27 Mei 2017

Pembangunan Dermaga Di Beton Ditunda

Pembangunan Dermaga Di Beton Ditunda

Pembangunan dermaga yang direncanakan di Beton, Kelurahan Kampung Sewu batal dilaksanakan tahun 2015. Hal itu dikarenakan dana yang disediakan tidak mencukupi untuk membangun dermaga yang representatif.

Demikian sal;ah satu kesimpulan saat Komisi II DPRD Kota Surakarta menggelar rapat kerja dengan Dinas Tata Ruang Kota (DTRK), siang tadi (28/10). Rapat kerja ini dipimpin Ketua komisi ini, YF Sukasno SH, yang didampingi Wakil Ketua, Janjang Sumaryono Aji SP dan Sekretaris Supriyanto SH.

Kepala DTRK, Sitaresmi, menjelaskan bahwa pihaknya meres;pon rencana dari Disbudpar untuk mengembangkan pariwisata di Kampung Beton, Kel. Sewu. Awalnya, lanjut Sita, dianggarkan Rp 5 miliar, karena keterbatasan anggaran diberi alokasi Rp 500 juta. “Itu sudah termasuk DED-nya,” tandasnya.

Atas hal itu, Sukasno mempertanyakan, pengajuan Rp 5 miliar itu apakah sudah ada DED-nya? “Belum,” jawab Sita.  “Itulah masalahnya, mestinya dibuat DED dulu baru ada pembiayaan yang besar,” tambah politisi dari PDI Perjuangan ini.

Supriyanto menambahkan, rasanya DED-nya dibuat secara menyeluruh, tidak hanya dermaga saja, tapi sarana pendukungnya. Sehingga tahun 2015 dipersiapkan DED-nya secara matang dan tahun depan baru pembiayaan pembangunannya.

Sukasno meminta DTRK untuk mengkaji dan menggali aspek sejarah Kampung Beton. Karena, menurutnya, di masa kerajaan Kampung Beton merupakan dermaga yang besar.
“Jika memungkinkan dermaganya dibuat yang bagus, bercirikas Jawa,” ujarnya.
Supriyanto menegaskan untuk pembuatan DED yang komperenhensif dianggarkan Rp 250 juta, sedangkan yang Rp 250 juta di-saving dulu untuk program yang lain.

Sebelum rapat ditutup, Sita berharap DED ini tidak hanya berhenti pada DED, tapi ada implementasinya. “Karena banyak pengalaman yang DED-nya tidak ada tindak lanjutnya,” ujarnya. (S)

BAHAS RKA : Ketua Komisi II DPRD Kota Surakarta, YF Sukasno SH, memimpin rapat kerja dengan Dinas Tata Ruang Kota (DTRK) siang tadi (28/10). Rapat ini membahas tentang Rencana Kegiatan Anggaran RAPBD Tahun Anggaran 2015. (foto/teks: S)

Related posts

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *