Kamis , 25 Mei 2017

Pasar Darurat Butuh Rp 28 Miliar

Pasar Darurat Butuh Rp 28 Miliar

Untuk membangun pasar darurat bagi pedagang Pasar Klewer membutuhkan biaya skeitar Rp 28 miliar. Saat ini Pemkot Surakarta masih menanti jawaban pemilik Benteng Vastenberg dan Alun-alun Lor. Keduanya adalah calon lokasi pasar darurat.

Kepala Dinas Pengelola Pasar (DPP), Drs Subagyo MM, berbicara hal itu, Selasa (30/12) siang, saat rapat kerja dengan Komisi III. Rapat yang dipimpin Ketua Komisi, Honda Hendarto, ini diikuti juga dari DPPKA, Budi Martono.

Rapat itu dihadiri pula Wakil Ketua Komisi III, H Sugeng Riyanto SS, Sekretaris, Hj Maria Sri Sumarni SE MM dan Suharsono SH MH, Suranto SE, Suyatno, H Suagiyarsono, NR Kurnia Sari SPd dan Siti Muslikah Ssos.

Subagyo menambahkan, tahapan yang paling mendesak adalah membuat DED pasar darurat. Itu membutuhkan dana sekitar Rp 50 juta dan belum tahu sumbernya.

“Apakah dapat menggunakan dana tak terduga APBD 2015 atau 2014? Ini yang masih menjadi persoalan, bagiamana agar tak melanggar peraturan,” tandasnya.

Dia menjelaskan, walikota berkeinginan pasar darurat bagi pedagang Pasar Klewer jangan ecek-ecek, harus lebih baik daripada pasar darurat sebelumnya. Karena, kata Subagyo, barang-barang diperdagangkan juga bernilai tinggi, termasuk tempat penyimpanan.

Pasar darurat ini, tambahnya, diperkirakan memakan waktu sekitar dua bulan. Selama masa pembangunan pasar itu, menurut Subagyo, para pedagang ditawari untuk dapat menempati 10 pasar tradisional yang ada. ”Itu dengan catatan kalau mereka mau,” ujarnya.

Subagyo menjelaskan, pihaknya sudah mengajukan proposal untuk pendanaan pasar darurat ini ke Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Pusat.

Sementara itu Kabid Anggaran DPPKA, Budi Murtono, mengatakan, untuk pembuatan DED dapat menggunakan anggaran tak terduga yang terdapat dalam APBD 2015. (S)

BEBERKAN RENCANA: Kepala DPP, Drs Subagyo MM, membeberkan rencana pasca kebakaran Pasar Klewer di Komisi III DPRD Kota Surakarta, Selasa (30/12). (S)

Related posts

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *