Rabu , 28 Juni 2017

Pansus Raperda Miras Pastikan Kembalikan Raperda ke Eksekutif

Panitia Khusus Raperda Minuman Keras ( Pansus Raperda Miras ) DPRD Kota Surakarta pastikan akan mengembalikan rancangan perda yang ramai-ramai ditolak sejumlah elemen Islam kepada eksekutif lewat rapat paripurna yang digelar Selasa malam ( 4/3) besok.

” Dalam rapat tadi, semua anggota pansus sudah menyetujui, dan sebelumnya seluruh fraksi juga menyatakan pendapatnya, intinya menolak diwujudkannya Perda Pengaturan Miras. Apalagi sebelumnya banyak elemen Islam dan bahkan MUI sudah mengeluarkan penolakan,” tegas Ketua Pansus Raperda Miras, Hery Djumadi di gedung dewan, Senin ( 3/3).

Dari pantauan, gedoran elemen Islam dan juga MUI Kota Surakarta untuk menolak pembahasan Raperda Pengaturan Miras terus mengencang sejak dua minggu terakhir. Bahkan aliansi elemen Islam ini pada pekan kemarin, mampu mempengaruhi Walikota FX Hadi Rudyatmo untuk mendukung penolakan pengaturan miras, dan sebagai gantinya mengamini diterbitkannya Perda Anti Minuman Keras yang formulanya datang dari para penolak tersebut.

Sikap walikota berkumis tebal itu ditunjukkan di depan delegasi elemen umat Islam diantaranya Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII) yang datang ke rumah dinas Loji Gandrung. Di dalam forum itulah, Rudy, panggilan akrab walikota ini, menandatangani pernyataan dukungan terhadap Raperda Anti Miras disertai stempel resmi.

Usai tandatangan, ia pun mengeluarakan pernyataan, tidaklah bijaksana jika Pemerintah Kota Surakarta melegalisasi peredaran miras sebab tidak sejalan dengan komitmen Kota Surakarta yang ingin menciptakan masyarakat yang waras, baik secara jasmani maupun rohani.

” Tetapi tentu saja proses penerbitan Perda Anti Miras, harus mengikuti prosedur yang berlaku. Saat sekarang biarlah proses pembahasan Raperda Miras berlangsung di DPRD sesuai mekanisme yang berlaku,” ujarnya memberikan gambaran terkait kemungkinan dikembalikannya draft Raperda Miras kepada eksekutif lewat paripurna dewan. ( K )

Related posts

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *