Marathon Rapat Kerja Komisi-Komisi terkait Pembahasan APBD 2020

Marathon Rapat Kerja Komisi-Komisi terkait Pembahasan APBD 2020

Humas – DPRD Kota Surakarta tidak membutuhkan waktu lama untuk langsung melakukan tugas dan fungsinya sebagai wakil rakyat. Dibuktikan bahwa tidak sampai satu minggu setelah alat kelengkapan DPRD resmi ditetapkan, komisi-komisi segera melangsungkan rapat marathon. Rapat tersebut dilakukan dalam rangka persiapan pembahasan APBD 2020 yang ditarget selesai awal November.
Rapat kerja komisi dijadwalkan oleh Badan Musyawarah dari tanggal 30 September sampai 04 November 2019. Pada saat rapat kerja komisi, yang menjadi pembahasan adalah Rencana Kerja (Renja) masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Hal tersebut sebagai dasar pembahasan di Badan Anggaran (Banggar) mengenai Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) atau yang biasa disingkat KUA-PPAS untuk disampaikan kepada Kepala Daerah sebagai pedoman dalam penyusunan APBD.
Dalam menjalankan fungsi anggaran, komisi-komisi yang merupakan partner/counterpath dari OPD, melakukan pencermatan dan mengkritisi renja yang sudah disusun OPD untuk tahun 2020.
Sebagai salah satu alat kelengkapan yang ada di DPRD Kota Surakarta, komisi memiliki tupoksi yang berbeda-beda. Komisi I,  Kaitannya dengan persiapan pembahasan KUA PPAS juga melakukan marathon rapat yang dimulai dari pembahasan dan pemantapan program kerja (Proker) Komisi I pada tanggal 26 September 2019.  kemudian dilanjutkan dengan pembahasan renja APBD dengan bagian pemerintahan, hukum, umum dan didampingi oleh Inspektorat.
Rapat Komisi I dilanjutkan dengan pembahasan Renja OPD yang dilakukan dari tanggal 1-4 Oktober 2019 dengan counterpath komisi I dimulai dari bagian perekonomian Setda, administrasi pembangunan, organisasi, humas protokol, kesra, serta bagian kerjasama Setda yang dirampungkan hingga malam pada tanggal 1 Oktober 2019.

 

Selanjutnya rapat bersama Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Satpol PP, DPPKB, Kantor Kesbangpol, BKPPD, DPMPTSP, Diskominfo di hari selanjutnya. Komisi I juga sebagai counterpath dari seluruh Kantor Kecamatan dan Kelurahan se Kota Surakarta juga melaksanakan pendalaman renja tanggal 3 Oktober 2019. Rapat marathon Komisi I diakhiri rapat dengan  fasilitator DPRD yaitu Sekretariat DPRD. (04/10/2019)
Serupa dengan Komisi I, Komisi II DPRD Kota Surakarta juga melakukan pendalaman renja pada OPD yang menjadi counterpathnya. Marathon rapat Komisi II dimulai pada tangal 2 Oktober 2019 dengan pembahasan renja dari BPBD, BAPPPEDA dan Dinas Pemadam Kebakaran, dengan didampingi oleh inspektorat dan BPPKAD. Selanjutnya Rapat Komisi II dilaksanakan dengan DLH, DPUPR, Disperum KPP dan masih didampingi inspektorat dan BPPKAD. (03/10/2019)
Selanjutnya, rapat marathon juga dilaksanakan oleh Komisi III, dengan memanggil counterpath dalam rangka persiapan KUA PPAS yang akan disusun. Komisi III mengagendakan rapat bersama Dinkop UKM dan Dinas Perhubungan pada tanggal 27 September 2019. Selanjutnya, komisi III juga melangsungkan rapat bersama Dinas Perdagangan  dan BPPKAD dalam rangka menjalankan tugasnya. (30/09/2019)
Komisi IV juga melaksanakan rapat marathon yang mengundang Dinas Arsip dan Perpustakaan, Disnakerperin, DPPPAPM pada tanggal 01 Oktober 2019. Untuk selanjutnya komisi IV melaksanakan rapat pada tanggal 2-4 Oktober bersama keseluruhan counterpathnya yaitu Dinas Kepemudaan dan Olahraga dan Dinsos pada tanggal 2 Oktober 2019, dilanjutkan bersama RSUD, Dinas Kebudayaan, Dispertan KPP, Dinpar (3/10/2019) dan ditutup oleh Dinas Pendidikan di hari berikutnya.
Serangkaian rapat dan koordinasi yang dilakukan Komisi di Lingkungan DPRD Kota Surakarta bersama counterpath masing-masing, bertujuan untuk mengoptimalkan dan mewujudkan perencanaan KUA PPAS yang lebih tepat sasaran. (ATA)

Related posts

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *