Kunjungan Kerja Komisi IV DPRD Kota Surkarta ke Dinas Sosial Kota Denpasar dan Kabupaten Gianyar

Kunjungan Kerja Komisi IV DPRD Kota Surkarta ke Dinas Sosial Kota Denpasar dan Kabupaten Gianyar

Humas- Komisi IV DPRD Kota Surakarta yang diketuai oleh Drs. Paulus Haryoto melakukan Kunjungan Kerja ke Dinas Sosial Kota Denpasar dan Dinas Sosial Kabupaten Gianyar terkait dengan Bantuan Sosial Bagi Warga Tidak Mampu.

 

Dalam kunjungan ke Dinas Sosial Kota Denpasar, diskusi difokuskan pada startegi pemerintah yang sudah dilakukan mengenai penanganan fakir miskin. Penanganan Fakir Miskin/ Tidak Mampu di Kota Denpasar berdasarkan regulasi Undang – Undang Nomor 13 Tahun 2011 tentang Penanganan Fakir Miskin, yang mana harus ada sinergi antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dalam penanganan Fakir Miskin. (Kamis, 07/02/2019)

 

Ada beberapa strategi penanganan fakir miskin di Kota Denpasar yang merupakan sinergi program pusat dan daerah. Beberapa diantaranya mengenai pengembangan, bimbingan dan pelatihan potensi diri.

komisi IV ke Badung 2

Penangannya juga difokuskan melalui optimalisasi BPNT (Bantuan Pangan Non tunai) baik berupa  bantuan pangan, sandang, penyediaan layanan perumahan dan penyediaan pelayanan pendidikan. Ditambah juga melalui jaminan layanan kesehatan, pelayanan sosial  lewat program PKH (Program Keluarga Harapan), Pelayanan untuk orang/anak dan lansia terlantar dan orang dengan kedisabilitasan berat (ODKB)

 

Selanjutnya, pada kunjungannya ke Dinas Sosial Kabupaten Gianyar. Komisi IV banyak membahas mengenai program bantuan social yang ada dan inovatif. (Jum’at, 07/02/2019)

 

Pada dasarnya, program jaminan sosial di Kabupaten Gianyar tidak jauh berbeda dengan penanganan fakir miskin yang ada di Kota Denpasar. Hanya dijelaskan bahwa ada inovasi menganai bantuan bagi warga tidak mampu antara lain Ambulan Gratis yang disediakan oleh Pemerintah Kabupaten Gianyar dalam hal ini Dinas Sosial sebanyak 4 buah mobil. Ditambah bantuan sosial tak terencana khususnya bagi warga tidak mampu yang sakit. (ata)

Related posts

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *