Kamis , 25 Mei 2017

Kualitas Kayu Di SD Wonosari Diduga Salahi Bestek

Kualitas Kayu Di SD Wonosari Diduga Salahi Bestek

Lagi-lagi Komisi IV DPRD Kota Surakarta, siang tadi, menemukan kualitas kayu pada bangunan SD Wonosari, Pucangsawit, buruk. Sehari sebelumnya, komisi ini menemukan hal serupa saat sidak di SD Losari. Bangunan SD Wonosari ini merupakan proyek tahun anggaran 2014 yang dibiayai oleh APBD 2014.

Itulah salah satu temuan Komisi IV saat sidak di SD Wonosari. Selain di SD Wonosari Komisi IUV juga sudak di SD Ngempplaksutan dan Pusat Pelayanan Autis Surakarta.

“Kualitas kayunya jelek. Sementara dari sisi pengerjaan juga kurang rapi. Ini sama saja seperti garapan tukang Kelas 1 STM (jurusan) bangunan,” kata Anggota Komisi IV Putut Gunawan. “Sayangnya, ini  pekerjaan tahun lalu.”

Daun pintu salah satu toilet ditemukan jebol. Bak mandi mengalami bocor sehingga sama sekali tak bisa dipakai. Bagian atap juga diduga garapannya buruk, sehingga banyak yang terlihat bekas bocor.

Pihaknya menyayangkan, kualitas pengawas proyek yang dinilai tak serius menjalankan fungsinya.

Melihat buruknya kualitas beberapa gedung pemerintah itu, Putut mengusulkan agar peran pengawas dievaluasi. Terlebih, katanya, dalam praktek di lapangan, konsultan pengawas justru sering tidak mewakili pemerintah. Ketika ada ketidakberesan dalam pengerjaan proyek, pengawas justru membela kontraktor.

“Kalau perlu konsultan pengawas yang wan prestasi ini tidak lagi digunakan,” tegasnya.

Anggota yang lain, Reny Widyawati mengatakan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) semestinya berani meminta pertanggungjawaban kontraktor jika kualitas bangunan tidak sesuai yang diharapkan.

“Kalau tahu kualitas bangunannya jelek ya jangan diterima saat bangunan diserahkan. Harusnya dinas meminta pertanggungjawaban kontraktor dan pengawas,” ujar Reny.

Ketua Komisi IV, Hartanti SE, mengatakan kok tega-teganya rekanan memberikan kualitas yang buruk. Padahal, lanjutnya, bangunan ini kan untuk anak-anak sekolah. “Ini sudah keterlaluan,” tandasnya kepada penulis dprd-online. (S)

TINJAU SD WONOSARI: Komisi IV DPRD Kota Surakarta, siang tadi, , mendapati kualitas bangunan yang buruk, terutama bagian kayunya, sat sidak di SD Wonosari. (Foto dan teks: S)

Related posts

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *