Selasa , 21 November 2017

Komposisi Di DPRD Tampakkan Peta Politik Di Surakarta

Komposisi perolehan kursi partai-partai politik dalam Pemilu silam mengubah peta politik di Kota Surakarta. PDI Perjuangan dengan 24 kursi menampilkan 13 anggota DPRD terpilih wajah baru, sedangkan sisanya incumbent.

Demikian data yang diperoleh penulis dprd-online dari sekretariat DPRD, Jumat siang.

Dalam pemilu sebelumnya, partai ini menempatkan 15 kadernya di lembaga ini. Dua di antaranya tidak mencalonkan lagi, Bambang Wijayanto SH dan Willy Tandio WIbowo SH. Sedangkan dua yang lain-Marhaeni SE dan Sony Warsito AMd gagal masuk ke DPRD Kota Surakarta.

Sementara itu, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menempatkan lima kadernya duduk di DPRD. Dalam pemilu sebelumnya, partai ini hanya menempatkan empat kadernya. Dari empat kadernya tersebut, Ir Muhammad Rodhi, terlipih menjadi anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah dari Dapil V Jateng.  Partai ini menduduki posisi kedua dalam perolehan kursi.

Partai Amanat Nasional (PAN) yang memperoleh jumlah suara lebih banyak menempati posisi ketiga dengan empat kursi. Empat kursi yang dimiliki PAN ini ada perubahan yang menempatiya. Dalam pemilu sebelumnya ditempati H Dedy Purnomo SH dan H Hami Mujadid Irsyad SAg, sekarang ditempati oleh Sugiyarsono dan Ahmad Sapari.

Lain lagi dengan Partai Golkar. Partai ini prolehan kursinya tetap, empat, namun perubahan personal. RM Kusraharjo mencalonkan diri ke tingkat provinsi dan posisi di DPRD Kota Surakarta diisi  Taufiqurahman.

Adapun Partai Gerindra memperoleh tiga kursi, semuanya wajah baru.  Kursi Tjatur Wardaningtias, S.Sos yang didapat dari Dapil Banjarsari hilang dan tergantikan dari Dapil Laweyan, Jebres dan Dapil Banjarsari 2.

Partai Demokrat hanya menampilkan tiga kadernya, yang semula ada tujuh kursi di DPRD. Sedangkan Partai Hanura memperoleh satu kursi, demikian juga dengan PPP yang dalam periode sebelumnya tidak menempatkan kadernya di DPRD, ini kali mendapatkan satu kursi.

Empat puluh lima anggota DPRD ini akan dilantik dan diambil sumpahnya pada 14 Agustus mendatang. (S)

 

 

Related posts

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *