Selasa , 21 November 2017

Komisi III Respek Diikutkan Sidak Makanan Jelang Ramadan

Komisi III DPRD Kota Surakarta menaruh respek jajaran eksekutif yang sigap melakukan kontrol dan pengawasan terhadap minuman dan makanan olahan pabrik menjelang bulan Ramadan. Hal ini seiring temuan barang kadaluwarso oleh Tim Sidak Gabungan SKPD di sejumlah distributor makanan dan minuman di Solo, pada Selasa ( 10/6).

” Komisi III kebetulan juga dilibatkan untuk proses sidak. Ini sebuah koordinasi yang bagus dan terus perlu ditindaklanjuti, dan apalagi pengawasan ini untuk menyelamatkan konsumen dari akibat fatal beredarnya makanan atau minuman kadaluwarso,”ungkap anggota Komisi III Suranto SE.

Sidak Tim Gabungan Satuan Kerja Perangkat Daerah ( SKPD ) ke sejumlah distributor makanan dan minuman itu melibatkan sejumlah instansi dinas, seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Dinas Pertanian, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) serta diikutkan Komisi III DPRD.

Ada distributor yang main akal-akalan, menyembunyikan pencatuman kadaluwarso makanan dan minuman bukan di kemasan, melainkan di kardus yang menjadi wadah kemasan, dan itu saja ditempelkan bagian dalam kardus.” Itu jelas akal-kalan. Jadi harus ditarik dari gudang, dan dimusnahkan,” tegas politikus PDI Perjuangan itu.

Kabid Pengawasan dan Perlindungan Disperindag Kota Solo, Suhanto menegaskan, barang atau makanan dan juga minuman kadaluwarso harus ditarik dari peredaran, dan harus kembali ke produsen untuk dimusnahkan, karena jika sampai jatuh ke konsumen bisa berakibat fatal bagi konsumen.

Semua yang ditermukan kadaluwarso di sejumlah distributor baik di kawasan Nusukan, Kadipiro atau kawasan Jl Adi Sucipto kebanyakan merupakan kemasan makanan snack atau minuman instan. Ada yang batas kadaluwarso Maret atau Mei.

Tim Sidak juga menyarankan,agar seluruh tumpukan kardus makanan juga diberi alas, untuk menjamin kebersihan dan juga menjaga kelembaban. ” Ini penting, kalau lembab, kan makanan bisa berubah kualitas,” tukas Kepala Disperindag Rohana yang ikut dalam sidak. ( K )

Related posts

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *