Kamis , 21 September 2017

Komisi II Dorong Perbanyakan MCK Komunal di Lingkungan Padat

Komisi II DPRD Kota mendorong Dinas PU Kota Solo untuk memperbanyak tempat MCK komunal yang sangat dibutuhkan oleh warga berpenghasilan rendah, yang tinggal di pemukiman padat.

” Sejauh ini memang masih kurang. Karena itu, kalau DPU Kota memiliki program perbaikan sanitasi lingkungan,dengan melibat lembaga donor dari luar negeri atau dari mana saja, sebaiknya ya cepat dilaksanakan,” tukas Ketua Komisi II, Djaswadi kepada Penulis DPRD Online, Selasa ( 13/5) melalui sambungan telepon.

Menurut dia, selama ini program perbaikan sanitasi memang terus mendapatkan sorotan dari Komisi yang membidangi persoalan pembangunan kota, mengingat saat ini masih banyak pemukiman padat yang belum memiliki MCK.

Minimnya jumlah MCK komunal di sejumlah pemukiman padat menjadi persoalan tersendiri, di samping menganggu kesehatan lingkungan. Ketiadaan MCK membuat banyak warga kesulitan ketika akan membuang air besar, sehingga terpaksa mengandalkan sungai.

” Tentu ini harus menjadi pemikiran. Dan kini DPU Kota memiliki program perbaikan sanitasi. Ini tentu perlu didukung dan diarahkan, agar terjadi percepatan, seiring dengan masuknya lembaga donor, seperti USAID dan juga lembaga lain,” kata politikus Partai Golkar ini.

Pada bagian lain, Kepala DPU Kota Ahyani mengakui tentang minimnya jumlah MCK komunal di lingkungan pemukiman padat. ” Ya masih kurang banyak, sekitar 75 persen dari seluruh tingkat kebutuhan masyarakat. Mudah-mudahan dengan kerjasama program penyehatan sanitasi yang datang dari lembaga donor, akan mampu menambah MCK yang dibutuhkan masyarakat,” tandas Ahyani saat mengikuti peresmian MCK komunal Semanggi oleh Duta BEsar AS untuk Indonesia, Robert Blake. ( K )

Related posts

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *