Kamis , 25 Mei 2017

Komisi I Minta Linmas Di bawah Satu Koordinasi

Komisi I DPRD Kota Surakarta meminta Pemerintah Kota (Pemkot) setempat untuk menggabung Perlindungan Masyarakat (Linmas) ke dalam satu koordinasi. Tahun ini ada dua SKPD yang memiliki Linmas, yakni Satpol PP dan Kesbangppol. Satpol membawahi Linmas Kota yang berjaga di jalan, sedangkan Kesbangpol membawahi Linmas kelurahan.

Ketua Komisi I, Budi Prasetyo Ssos, berbicara hal itu, siang tadi (24/10), menjawab pertanyaan penulis dprd-online di ruang komisi ini.

Menurutnya, karena Linmas sudah bukan Hankam lagi, maka sebaiknya digabung ke dalam Satpol PP. Hanya saja, tambahnya, tupoksi perlu diperjelas. “Kedua SKPD itu sama-sama memiliki anggaran untuk Linmas ini,” tambah Budi politisi dari PDI Perjuangan ini.

Dia memaparkan anggaran Linmas di Satpol yang kegiatannya berbunyi “Belanja jasa keamanan” mencapai Rp 2, 287 miliar. Gaji untuk komandan Rp 57 ribu, wakil komandan Rp 56 ribu, kepala regu Rp 54 ribu dan anggota Rp 50 ribu.”

Budi menandaskan, itu anggaran yang besar, maka tupoksi diperjelas. “Jangan terlihat duduk atau berjaga di perempatan jalan tapi tidak ada yang dikerjakan,” ujarnya. (S)

Related posts

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *