Kamis , 21 September 2017

Komisi I Menanti Salinan DED 14 Kelurahan

Komisi  I DPRD Kota Surakarta masih menanti salinan Detail Engineering Design (DED) atau gambar bestek pada 14 proyek pembangunan kantor kelurahan tahun ini.

Ketua Komisi I, H Maryuwono SH, berbicara hal itu, siang tadi, melalui sambungan telepon. Menurutnya, hal itu diperlukan agar fungsi pengawasan dan kontrol selama proyek berlangsung bisa dilakukan optimal.

“Apalagi berdasar evaluasi proyek 2013, Komisi I menemukan banyak kekurangan dan keterlambatan pelaksanaan pembangunan kantor kelurahan,” ujar politisi dari PDI Perjuangan ini.

Dia menambahkan, beberapa lurah sudah mulai mengumpulkan DED yang dibutuhkan tersebut. Namun, pihaknya masih menunggu DED lainnya yang belum masuk hingga kini.

“Kami sudah menerima DED dari Kelurahan Sewu, Jagalan, Kepatihan dan Jebres. Kami harap lurah lain yang juga dapat jatah pembangunan. Ini sebagai upaya untuk menekan penyimpangan pembangunan,” katanya.

Menurutnya, pengawasan pembangunan akan dilakukan sedini mungkin sejak pembentukan konstruksi dimulai. Pengawasan bisa dilakukan dengan mencocokkan spesifikasi teknis bangunan dan konstruksinya dengan realita di lapangan.

”Misalnya dalam dokumen DED besi yang dipakai ukuran 5 milimeter, ternyata dipasang 3 milimeter. Itu kan bisa diukur pakaisketmat (jangka sorong). Kalau memang tak sesuai spesifikasi ya harus diganti,” tegasnya.

Dia mengatakan, tak seluruh lurah mengusai bidang teknik bangunan. Namun, lanjutnya, hal itu harusnya tak menjadi penghalang untuk mengontrol proyek kantor tersebut. Apalagi, dalam setiap pembangunan fisik pasti ditempatkan pengawas proyek dari unsur Pegawai Negeri Sipil (PNS). Pihaknya meminta koordinasi intensif diantara keduanya harus dijaga agar lebih cepat diperoleh solusi masalah di lapangan. (S)

 

Related posts

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *