Rabu , 13 Desember 2017

Ketua DPRD Tunggu Hasil Laporan Komisi IV

Ketua DPRD Tunggu Hasil Laporan Komisi IV

Rencana DPRD Kota Surakarta mengaudit Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Griya Layak Huni (GLH) tidak serta-merta bisa dilakukan. Sebelum audit dilakukan, Komisi IV harus membuat laporan perkembangan seputar BLUD GLH lebih dulu kepada Ketua DPRD.

Ketua DPRD Surakarta, YF Sukasno SH, siang berbicara hal itu kepada penulis dprd-online. “Memang ada wacana dari Wakil Ketua DPRD agar BLUD GLH dilakukan audit oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Namun sebelum itu dilakukan, harus menunggu surat resmi dari Komisi IV yang membawahi BLUD,” ujar politisi dari PDI Perjuangan ini.

Dia menampik jika ada tarik ulur di internal DPRD soal BLUD GLH ini. Terlebih dengan adanya wacana BPK untuk ikut campur dalam menyelesaikan persoalan yang dinilai sudah berlarut-larut tersebut. “Hasil Komisi IV menelusuri permasalahan GLH harus disusun secara tertulis. Ini sangat penting bagi DPRD untuk menentukan langkah selanjutnya,” paparnya.

Menurutnya, laporan Komisi IV ke pimpinan dewan terkait perkembangan pengelolaan GLH penting untuk dilakukan sesuai dengan prinsip kerja kelembagaan.

“Sampai saat ini kan kami tidak tahu perkembangannya seperti apa. Harus ada laporan dari Komisi IV. Ini kan lembaga yang segala sesuatunya harus tertulis,” jelasnya.

Setelah menerima surat dari Komisi IV, Sukasno berjanji akan menindaklanjuti dengan mengirim surat permohonan audit ke BPK.

“Jangan sampai kami kirim surat ke BPK, kemudian Komisi IV protes, kan masih dibahas Komisi, kenapa pimpinan minta audit ke BPK. Persoalan ini perlu agar tidak terjadi bentrok sesama lembaga,” imbuhnya lagi.

Terpisah, Sekretaris Komisi IV, Abdul Ghofar Ismail mengakui bola pembahasan pengelolaan GLH masih berada di tangan Komisi IV. “Kita memang sudah berpikiran sama dengan Ketua DPRD untuk membuat surat ke pimpinan,” ujar Ghofar.

Ghofar menambahkan, pihaknya akan mengusulkan agar Ketua DPRD membuat surat panggilan paksa kepada Kepala Bapermas, Anung Indro Susanto agar bersedia hadir dalam rapat. “Agar persoalan BLUD GLH bisa selesai,” katanya. (S)

Related posts

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *