Kegiatan Orientasi Anggota DPRD Kota Surakarta

Kegiatan Orientasi Anggota DPRD Kota Surakarta

Humas- Anggota DPRD Kota Surakarta Melaksanakan Orientasi Anggota DPRD, yang diadakan oleh BPSDMD Provinsi Jawa Tengah. DPRD Kota Surakarta mendapatkan giliran pelaksanaan tanggal 14-17 Oktober 2019 di Hotel Griya Persada Bandungan, Kabupaten Semarang. (Kamis, 17/10/2019)

 

Orientasi Anggota DPRD dilakukan untuk meningkatkan pemahaman anggota DPRD Provinsi maupun Kabupaten dan Kota dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah. Jadi, ini penting sekali bagi anggota DPRD, khususnya bagi yang baru terpilih pada Pileg tahun 2019.

 

Khusus untuk anggota DPRD Kota Surakarta, dihadiri oleh 39 dari 45 Anggota DPRD Surakarta, termasuk 17 Anggota DPRD Surakarta yang baru terpilih dalam Pileg tahun 2019. Adapun yang tidak hadir dikarenakan ada agenda yang memang sudah terjadwalkan lebih dahulu. Akan tetapi, untuk anggota yang belum bisa hadir dijadwalkan untuk mengikuti orientasi susulan yang akan diadakan oleh BPSDMD Provinsi Jawa Tengah.

 

Sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 14 tahun 2018 tentang perubahan atas Permendagri nomor 133 tahun 2017 tentang orientasi dan pendalaman tugas anggota DPRD provinsi Orientasi dilaksanakan 1 kali pada awal masa jabatan setelah pengucapan sumpah/janji anggota DPRD. Orientasi ini, dilakukan selama 30 jam pelajaran.

 

Materi orientasi sendiri, meliputi materi wajib dan pilihan, serta materi pendalaman tugas. Adapun materi wajib itu, yakni Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, dan wawasan kebangsaan. Sementara materi pilihan, di antaranya yaitu, demokrasi dan kebangsaan Indonesia, sistem pemerintahan nasional dan daerah, hubungan DPRD dan pemerintah daerah, dan lainnya.

 

Dengan adanya orientasi ini Anggota DPRD Surakarta dibekali dengan ilmu pemerintahan, Pendalaman tugas pokok dan fungsi dewan sebagai bagian dari pemerintahan serta meningkatkan semangat pengabdian pada bangsa dan negara sebagai wakil rakyat.

 

 

 

 

Related posts

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *