Kamis , 21 September 2017

Jelang UN SMP, Mental Siswa Sudah Disiapkan

“Saat ini para siswa lebih siap secara mental dalam menghadapi UN SMP mendatang,” kata Wakil Ketua DPRD Surakarta, Ir M Rodhi, siang tadi, kepada penulis dprd-online.

Menurutnya, dalam menghadapi UN, sejumlah sekolah telah mempersiapkan mental anak didiknya dengan berbagai cara. Salah satu di antaranya dengan doa bersama dan sebagainya.

Tanggapan ini dimintakan sehubungan akan berlangsungnya pelaksanaan UN tahun 2014 untuk jenjang SMP.

Dia menjelaskan,  sejumlah sekolah, dalam hal ini SMP, telah mempersiapkan diri  untuk menghadapi UN. Selain menggelar uji coba soal mata pelajaran yang diujikan, lanjut politisi dari PKS ini, juga melakukan berbagai cara untuk menyiapkan mental siswa.

Persiapan mental siswa,  menurutnya, terutama dalam menghadapi apalagi menjawab soal ujian, tidak boleh disepelekan. Justru perlu diperhatikan secara seksama. Karena menyangkut ketenangan dalam menjawab soal. “Sebab siapapun orangnya apabila dalam kondisi tidak tenang, maka untuk menyelesaikan soal tentu tidak hanya tidak fokus, juga bakal menjadi grogi terhadap soal ujian yang sedang dihadapi.”

“Al hasil, sekolah-sekolah yang telah mempersiapkan siswa-siswa secara mental, maka nilai-nilai yang didapat oleh siswa bersangkutan terbukti bisa di atas rata-rata,” ujarnya. (S)

 

Related posts

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *