Rabu , 18 Oktober 2017

Hobi Berorganisasi Dorong Umar berkiprah Di Politik

Sudah sejak muda Umar Hasyim gemar berorganisasi. “Saat duduk di bangku SMP saya menjadi Ketua Osis,” kenang Umar Haysim SE saat berbincang dengan penulis dprd-online.

Ternyata hobi berorganisasi menggiring Umar yang berlatar belakang pendidik ini menjadi politisi. Umar pernah mengajar di salah satu Madrasyah Aliyah di Surakarta  dan SMEA di Kab. Sragen.

Umar yang merupakan aktivis Muhammadiyah itu bergabung dengan organisasi kepemudaan. Dia menjadi Ketua Pengurus Daerah Pemuda Muhammadiyah periode 1994-1998. Bahkan saat itu, dia menjadi koordinator Pemuda Muhammadiyah di Karesidenan Surakarta.

Umar yang pernah menjadi anggota Komisi E DPRD Provinsi Jawa Tengah periode 2004-2009 itu berkesempatan mengisi salah satu jabatan  bidang di PP Muhammadiyah. “Saat itu, Patrialis Akbar juga menjabat sebagai ketua salah satu bidang,” tambahnya.

Dia mencalonkan diri di DPRD Provinsi Jateng itu atas arahan Prof Dr Amien Rais. Setelah masa bhakti di DPRD provinsi habis, dia memutuskan untuk mencalonkan legislatif di tingkat Kota Surakarta.

“Itu pilihan saya sendiri, walaupun tim penjaringan caleg provinsi nggodeli. Saat itu saya banyak nglajo dari Solo ke Semarang. Dari pada tugas-tugas yang saya emban tidak maksimal, saya memilih di kota tempat tinggal saya saja.”

Sebelum masuk ke Surakarta untuk mengikuti pileg 2009, Umar memilih daerah pemilihan yang ketua DPC maupun DPD partai tidak mencalonkan. Pilihan itu, menurutnya, jatuh di dapil Jebres.

“Di sini saya ditempatkan di nomor urut lima, padahal tawaran di provinsi saya mendapatkan nomor urut dua. Tapi, pilihan saya sudah mantap, saya tetap melalui Jebres,” tandasnya. Umar pun menjadi legislator Surakarta periode 2009-2014.

Sebelum Musda DPD PAN Surakarta dilaksanakan di tahun 2010, Umar terlebih dulu terpilih menjadi salah satu pengurus harian di Pengurus Daerah Muhammadiyah (PDM) Surakarta. Saat musda berlangsung Umar Hasyim SE terpilih menjadi Ketua DPD PAN Kota Surakarta periode 2010-2015.

Dapil Jebres kembali menghantarnya untuk menjadi anggota legislatif kedua kalinya. Bahkan, dalam periode 2014-2019 Umar pun dipercaya DPP PAN untuk menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD, karena PAN di kota ini mendapatkan empat kursi. (S)

Related posts

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *