Senin , 23 Oktober 2017

Hanya Setujui 56 Formasi, Komisi I Anggap Pemerintah Pusat Tidak Logis

Pemerintah Pusat dinilai tidak logis dan kurang serius mencukupi kebutuhan Pemkot Surakarta di dalam upaya memenuhi kebutuhan formasi pegawai yang mencapai 1200 formasi, namun hanya diloloskan 56 formasi.

” Menurut kami, keputusan pemerintah pusat yang hanya memberikan jatah 56 formasi pegawai dari 1200 formasi lowong yang dibutuhkan Pemkot itu sungguh tidak logis. Karena itu, DPRD mendorong agar eksekutif dengan argumen yang jelas dan konstruktif bisa meminta tambahan kepada pemerintah pusat,” tandas Anggota Komisi Bidang Pemerintahan, Soni Warsito, Jumat ( 4/7).

Komisi I lanjut politikus PDI Perjuangan ini, kemungkinan akan memanggil Badan Kepegawaian Daerah ( BKD ) untuk bisa memaparkan secara kongkrit, bagian mana saja yang lowong, dan prioritas kebutuhan dari fungsi yang masih kosong. Sorotan Komisi I, Pemkot masih butuh tenaga sarjana hukum yang handal, khususnya yang mampu melaksanakan tugas di bidang kelegeslasian.

Pada bagian lain, Kabid Pengembangan Pegawai Pemkot Surakarta, Lancer S Naibaho menjelaskan, Pemerintah Kota pada tahun 2014 ini hanya mendapatkan jatah pegawai baru sebanyak 56 orang dalam penjaringan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Padahal, Pemkot sat ini membutuhkan sekitar 1.200-an formasi yang lowong, selain 522 orang tenaga honorer yang tidak lolos seleksi CPNS tahun 2013 lalu. Sayangnya persetujuan yang diberikan pemerintah pusat hanya untuk 56 formasi pegawai.

Hal ini seperti tertuang dalam surat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN dan RB) nomor B-2550/M.PAN/06/2014 tertanggal 20 Juni 2014. Terkait itu Pemkot sudah mengajukan rincian rencana penempatan 56 CPNS tersebut ke Kemen PAN & RB.

” Mereka kami ajukan untuk mengisi jabatan fungsional umum, fungsional tertentu dan jabatan teknis. Sedangkan untuk tenaga guru diambilkan dari tenaga honorer yang diangkat tahun lalu,”  tandas dia sekali lagi. ( K )

Related posts

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *