Sabtu , 22 Juli 2017

FPDIP Dapat Jatah 12 Orang dalam Pansus Tatib

FPDIP Dapat Jatah 12 Orang dalam Pansus Tatib

Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Surakarta mendapatkan jatah pengiriman anggota paling besar untuk duduk di Panitia Khusus ( Pansus ) untuk pembuatan tatib ( tata tertib ), yakni mencapai 12 orang. Sementara lima fraksi lain, masing-masing hanya bisa mengirimkan dua anggotanya untuk menjadi bagian dari Pansus Tatib.

” Ya memang alot dalam rapat konsultasi antara pimpinan fraksi dan pimpinan sementara DPRD tadi, karena sempat Fraksi Partai Keadilan Sejahtera ( FPKS ) menginginkan tiga anggota untuk bisa duduk di Pansus. Namun setelah melalui pembahasan yang dinamis, akhirnya FPKS sama dengan empat fraksi lain di luar FPDI Perjuangan, yakni hanya bisa mengirimkan dua anggota untuk duduk di Pansus Tatib,” tukas Ketua DPRD Sementara YF Sukasno kepada Penulis DPRD Online usai rapat konsultasi, Selasa siang.

Ketua Fraksi Demokrat Nurani Rakyat, Surpiyanto menyatakan, kesepakatan lima fraksi di luar FPDI Perjuangan untuk mengirimkan dua anggotanya untuk duduk di Pansus Tatib, merupakan hal paling proporsional. ” Ini opsi paling tepat dan proporsional, bahwa di luar FPDI Perjuangan, maka lima fraksi lain termasuk fraksi gabungan mendapatkan jatah untuk bisa mengirimkan dua anggotanya duduk dalam Pansus Tatib,” ujarnya sembari menambahkan, sikap teguh FDNR akhirnya mendapatkan dukungan dan persetujuan.

Dia paparkan, kemungkinan dari Fraksi Demokrat Nurani Rakyat yang akan dikirimkan mengikuti pembahasan Pansus Tatib adalah dirinya dan Abdullah AA, yang merupakan kolega koalisi dari Partai Hati Nurani Rakyat ( Hanura ). ” Untuk keputusan siapa yang akan diajukan, baru akan dirapatkan secara internal fraksi besok ( Rabu, 2/9),” imbuhnya lagi.

Hal sama diungkapkan Ketua Fraksi PAN, M Amin yang menyatakan, dari kesepakatan rapat konsultasi maka fraksinya akan menindaklanjuti rapat internal untuk menentukan siapa dua orang yang akan dikirimkan. ” Sebetulnya gambarannya sudah jelas, karena ini pansus besar maka yang akan maju saya dan Umar Hasyim,” terangnya.

Sukasno yang juga merupakan Ketua Fraksi PDIP mengatakan, sebagai fraksi terbesar dengan 24 kursi, dengan aturan proporsional yang disepakati, maka mendapatkan hak untuk mengirimkan 12 orang di dalam pembahasan Pansus Tatib. ” Saya sendiri ikut di dalamnya,” timpanya.

Sedang Asih Sunjoto dari PKS mengatakan, kemungkinan dari fraksinya yang akan dikirimkan untuk mengikuti pembahasan Pansus Tatib adalah ketua FPKS Sugeng Riyanto dan Abdul Ghofar. ” Tetapi masih akan kita rapatkan besok,” katanya. ( K )

RAPAT PERTAMA: Untuk kali pertama siang tadi dilangsungkan rapat antara Pimpinan DPRD sementara dengan para pimpinan fraksi. Rapat yang dipimpin Ketua DPRD Sementara, YF Sukasno SH ini menghasilkan keputusan penetapan jumlah anggota panitia khusus pembuatan tata tertib (tatib). (foto/teks: S)

Related posts

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *