Kamis , 25 Mei 2017

DID Kota Surakarta Hanya Rp 5 Miliar

DID Kota Surakarta Hanya Rp 5 Miliar

DANA Insentif Daerah (DID) Kota Surakarta hanya Rp 5 miliar. DID ini jauh lebih kecil bila dibandingkan tahun anggaran 2014 silam, yakni Rp 25 miliar. DID Rp 5 miliar itu bagian dari DID Jawa Tengah yang mencapai Rp 38,9 miliar. DID sebesar ini untuk 35 daerah tingkat kota dan kabupaten di Jawa Tengah.

Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Surakarta, Supriyanto SH, mengatakan hal itu, siang tadi, di ruang kerja Komisi II DPRD setempat. Sejak Senin (2/10) hingga Jumat (6/10) Banggar membahas RAPBD tahun anggaran 2016.

Supri menambahkan, DID ini diarahkan untuk membiayai program pendidikan dan kesehatan. Jika, lanjutnya, terdapat program yang sudah dibiayai oleh kota tapi masuk dalam program DID, maka pembiayaan dalam DID itu bharus didrop untuk program yang lain.

Dia mengatakan, selain DID pemkot juga mendapatkan dana Infrastruktur Daerah (IPD), dana ini bagian dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Yang sebelumnya pemkot telah mengajukan proposal ke pemerintah pusat, ujarnya kepada penulis dprd-online, siang tadi.

Dana IPD ini terinci sbb : Peningkatan Jln.  Pakel Rp 7,5 miliar, Peningkatan Jl. Randusari dan  Ngemplak Sutan Rp 6 miliar, peningkatan Jl. Jaya Wijaya Rp 7 miliar. Sedangkan untuk Jl. Sumbing IV Rp 5 miliar.

Untuk pembangunan jembatan Sabrang Lor Rp 6 miliar, jembatan Sayangan Rp 4 miliar dan jembatan Gajah Putih Rp 1 miliar.

Selain itu, ada juga PID yang diperuntukkan pembangunan saluran Jl. Slamet Riyadi Rp 3,8 miliar.  Pembangunan jembatan Tirtonadi sebesar Rp 10 miliar, sarana air bersih Rp 1, 4 miliar. (S)

Related posts

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *