Kamis , 27 Juli 2017

Bantu Masyarakat Miskin, Dewan Puji Pelaksanaan Pasar Murah Jelang Lebaran

Langkah Pemkot Kota Surakarta menggelar pasar murah di sejumlah titik menjelang lebaran mendapatkan perhatian dan sekaligus apresiasi dari kalangan DPRD Kota. ” Program pasar murah ini sungguh sebagai kebijakan bagus di tengah harga-harga kebutuhan yang terus merangkak naik, dan pada saat masyarakat bersiap untuk mencukupi kebutuhan lebaran secara memadai,” tukas anggota Komisi III Abdullah AA kepada Penulis DPRD Online, Kamis ( 17/7).

Menurut dia, program untuk menekan harga dan membantu masyarakat miskin itu diharapkan tidak diserobot oleh warga kelas menengah ke atas. Karena itu, penyelenggara pasar murah harus benar-benar bisa mengawal, sehingga upaya meringankan beban masyarakat kelas bawah itu tidak ditimbrung oleh pembeli kelas menengah dan apalagi golongan kaya.

Dia paparkan, bagi masyarakat kaya, kenaikan harga barang-barang sembako, belum memunculkan permasalahan mendesak dan belum menganggu psikologis, sepanjang kenaikan tidak sampai di atas 20 persen.” Jadi pasar murah ini sangat berarti bagi masyarakat miskin, sehingga harus disterilkan dari pembeli kaya. Di samping itu pasar murah bisa menekan inflasi, jika jumlah barang yang dilempar ke masyarakat signifikan,” imbuhnya.

Pada saat sama Kabag Infrastruktur Perkotaan, Jarot Hardoyo menjelaskan, kegiatan pasar murah yang biasanya dilaksanakan di halaman balaikota, sengaja digeser ke kecamatan  untuk lebih mendekatkan kepada masyarakat,

” Kegiatan pasar murah di sejumlah titik tingkat kecamatan ini sangat mendapat sambutan luar biasa. Mereka banyak berbondong untuk membeli keperluan persiapan lebaran, mumpung harganya jauh di bawah pasaran,” tandas dia.

Selaku penyelenggara program pasar murah, Jarot mengatakan, pasar murah ini selain untuk membantu masyarakat miskin diharapkan juga mampu mempengaruhi stabilitas harga, yang pada gilirannya akan mampu menjaga atau menurunkan tingkat inflasi menjelang lebaran.  ( K )

 

Related posts

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *