Kamis , 27 Juli 2017

Anggota BP2D Kunjungi SPGDT Gajahan

Anggota BP2D Kunjungi SPGDT Gajahan

Humas DPRD – Badan Pembentukan Peraturan Daerah (BP2D) DPRD Kota Surakarta, Rabu 13 Juli 2016, melakukan kunjungan kerja melihat dari dekat Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT), Puskemas Gajahan, Kecamatan Serengan, Surakarta. Dalam kunjugan yang dipimpin Ketua BP2D, Putut Gunawan didampingi anggota antar lain Paulus Haryoto, YF Sukasno, EH Nogogini, Ardiyanto, Kuswinarnoi, Taufiqurahman, Ekya Sih Hananto, Reny Widyawati dan Dyah Retno.

Menurut Ketua BP2D, pelaksanaan SPGDT di Kota Surakarta saat ini telah dapat melayani masyarakat mulai 1 Juli 2016. “Sekarang layanan SPGDT sudah bisa digunakan. Selain telah terkoneksi dengan jaringan SPGDT,” katanya.

Lebih lanjut Putut Gunawan menyatakan, warga masyarakat yang membutuhkan bantuan darurat dapat langsung menghubungi call centre SPGDT di nomor 119. Operator yang bertugas, ujar dia, akan meneruskan panggilan ke SPGDT daerah sesuai domisili penelpon. “ Dengan demikian, warga masyarakat dapat terhubung ke SPGDT di daerah sesuai domisili penelpon,” ujar dia.

Selain itu, tutur Putut Gunawan, bila masyarakat ingin mengetahui informasi ketersediaan rawat inap di rumah sakit pemerintah, bisa diketahui melalui system PSC (Public Safety Centre) SPGDT Kota Solo. “Warga masyarakat dapat tahu informasi ketersediaan rawat inap di RS pemerintah dan swasta. Sehingga masyarakat yang membutuhkan bantuan darurat dapat langsung disalurkan. Tim SPGDT ditangani juga oleh dokter dan tenaga medis yang siaga 24 jam,” katanya.

Menurut salah satu tim SPGDT, menyarankan agar pemerintah memberikan fasilitas mobil ambulan khusus yang dapat digunakan sewaktu-waktu bila kondisi darurat. “Kami akan memperhatikan usulan yang disampaikan tim SPGDT untuk menunjang kinerja mereka.” (jos/nang/jez)

 

IMG_6676 IMG_6658 IMG_6616

Related posts

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *